Toyota Bakal Luncurkan Bengkel dan Showroom Virtual

Kompas.com - 19/09/2020, 12:28 WIB
Ilustrasi showroom online Toyota /toyota.com.myIlustrasi showroom online Toyota
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARAT, KOMPAS.com - Adanya keterbatasan imbas pandemi Covid-19, membuat sebagian besar agen pemegang merek (APM) saat ini beralih menggunakan saluran digital untuk melakukan aktivitas penjualannya. Mulai dengan meluncurkan produk baru, menawarkan ragam promo menarik, sampai pameran secara virtual.

Salah satu yang mulai getol memanfaatkan jalur digital adalah PT Toyota Astra Motor (TAM). Menariknya lagi, Toyota bahkan ke depannya akan terus berinovasi mengembangkan fitur online untuk memudahkan dan memanjakan calon konsumennya.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, mengatakan suka tidak suka saat ini tren dari masyarakar mulai bergeser ke arah yang serba online. Untuk itu, Toyota pun akan berupaya mengembangkan fasilitas lain bagi konsumen masuk ke jalur digital.

Baca juga: Toyota Mulai Menuai Penjualan Digital di Tengah Pandemi

"Meningkatnya pengunaan online membuat kami harus mempercepat fasilitas-fasilitas online yang dulunya sudah kami persiapkan. Jadi awalnya kami memang sudah rencanakan, tapi dengan melihat kondisi saat ini, hal itu akan kami percepat lagi," kata Anton dalam webinar Kompas Talk, Kamis (17/9/2020).

Demo pembelian mobil secara online di situs Auto2000KOMPAS.com/Ruly Demo pembelian mobil secara online di situs Auto2000

Menurut Anton, selain aktivitas digital terkait produk baru atau pun penawaran, Toyota ke depan juga akan melucurkan beberapa fasilitas daring lainnya. Hal tersebut dilakukan tak hanya memberikan kemudahan tapi juga sebagai langkah adaptasi kenormalan baru.

Fasilitas yang akan diluncurkan Toyota pada akhir tahun ini adalah Hallo Bengkel. Dengan adanya fitur tersebut, Anton mengatakan nantinya konsumen tak perlu repot ke bengkel, tapi bisa berkomunikasi dengan mekanik pilihan terkiat kondisi mobil atau pun melakukan tanya jawab.

"Jadi dengan daring pun bisa melakukan komunikasi dan sebagainya, dan ini gratis. Lalu selain bengkel, yang sedang kami persiapkan adalah virtual showroom, dan ini saya rasa pertama di Indonesia, jadi konsumen bisa melihat mobil secara daring dan produk dijelaskan melalui virtual, bahkan ada peket kredit dan lainya," ujar Anton.

"Ini menjadi poin positifnya, karena makin memudahkan konsumen tanpa harus rapih-rapih untuk pergi ke showroom mereka bisa online dari rumah pilih kendaran yang sudah dengan mereka. Strategi digital ini bukan di Indonesia saja, pelayana konusmen melalui online yang dilakuka Toyota juga sudah merak di negara lain," kata dia.

Sales promotion girl berpose di samping Toyota Camry Hybrid saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Sales promotion girl berpose di samping Toyota Camry Hybrid saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Lalu apakah dengan efektivitas aktivitas digital yang serba online tersebut akan menggeser cara-cara konvensional sebelumnya, seperti pameran mobil konvensional dan lainnya.

Baca juga: Toyota Masih Punya Simpanan Produk Baru di Tahun Ini

Menjawab hal ini, Anton menjelaskan bila ke depan kondisinya memang akan berbeda. Kemungkinan besar, bila pandemi sudah reda antara kegiatan off dan online nantinya akan menjadi kombinasi yang baru, karena sebagai besar masyarakat memang sudah mulai menikmati melakukan kegiatan secara virtual dengan ragam kemudahannya.

Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.

"Akan jadi fenomena baru, karena di satu sisi konsumen sudah mulai dimanjakan dan dipermudah dengan serba digital ini. Mungkin perkiraan saya di era kenormalan baru akan ada kombinasi antara kegiatan offline dan online," ucap Anton.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X