Ingat, Begini Cara Menyalakan Mesin Mobil yang Benar

Kompas.com - 18/09/2020, 16:21 WIB
Ilustrasi menyalakan mesin mobil doityourself.comIlustrasi menyalakan mesin mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghidupkan mesin mobil tentunya sudah menjadi hal yang biasa bagi para pemilik kendaraan roda empat.

Tetapi, ada beberapa perilaku yang berbeda dari setiap pemilik mobil saat akan menyalakan dapur pacu kendaraan.

Sebagai contoh, ada yang menunggu sampai lampu-lampu indikator menyala dan mati kembali baru mesin dinyalakan.

Tapi ada pula yang langsung menyalakan mesin tanpa menunggu lampu indikator mati dulu. Lalu, sebaiknya seperti apa menyalakan mesin kendaraan roda empat sebelum menggunakannya untuk beraktivitas.

Baca juga: Saat Bayar Pajak STNK Asli Hilang, Bisa Pakai Foto Copy?

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor ( ADM), mengatakan, saat akan menyalakan mesin mobil, terutama yang keluaran terbaru tidak perlu menunggu lampu indikator mati dulu.

“Tetapi bisa langsung dinyalakan setelah kunci kontak on, tidak perlu menunggu lampu-lampu di dashboard mati (normal),” ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (18/9/2020).

Indikator start stopcarproUSA Indikator start stop

Bambang menambahkan, saat ini teknologi kendaraan roda empat sudah semakin canggih dan diatur secara komputer.

Berbeda halnya dengan mobil keluaran lawas yang sistem pengaturannya tidak secanggih seperti sekarang ini.

“Mesin mobil pada zaman dulu ada yang menunggu beberapa saat karena menunggu tekanan pompa bahan bakar sampai ke injektor,” tuturnya.

Baca juga: Catat, Ini Syarat dan Alur Urus STNK Hilang

Tetapi, Bambang menambahkan, sekarang ini teknologi pompa bahan bakar sudah berbeda. Begitu ignition pada posisi on maka bahan bakar sudah siap untuk sampai di injektor.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X