Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Mobil Tiba-tiba Mogok dan Aki Tak Berfungsi

Kompas.com - 19/09/2020, 12:46 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian mobil tiba-tiba mogok di jalan dan tidak mau dihidupkan karena aki tekor dan tidak mau mengisi arus listrik, mungkin pernah dialami oleh banyak pengemudi.

Kejadian ini pun kadang membuat bertanya-tanya mengenai penyebabnya, mengingat saat awal digunakan tidak ada gejala aki tekor atau semacamnya.

Lebih parahnya, mobil sama sekali tidak mau dinyalakan sehingga harus didorong ke bengkel atau memanggil towing untuk mengangkutnya.

Jika ditelusuri, ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab aki mobil tiba-tiba tidak mau mengisi, yang paling sering terjadi adalah permasalahan pada bagian alternator atau dinamo amperenya.

Baca juga: Saat Bayar Pajak STNK Asli Hilang, Bisa Pakai Foto Copy?

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, jika mengalami kejadian tersebut yakni aki tidak mau mengisi permasalahannya ada pada alternatornya.

Tampak petugas dan warga tengah membantu mendorong serta mengganjal kendaraan pemudik yang mogok di jalur tanjakan Kamojang-Ibun.Foto Humas Polda Jabar Tampak petugas dan warga tengah membantu mendorong serta mengganjal kendaraan pemudik yang mogok di jalur tanjakan Kamojang-Ibun.

“Kalau itu artinya alternatornya bermasalah, karena tidak dapat mensuplai tegangan listrik maupun mengisi aki,” kata Didi kepada Kompas.com, Sabtu (19/9/2020).

Didi melanjutkan, jika komponen alternator yang bermasalah meskipun mobil sudah menggunakan aki baru tetap saja tidak akan awet.

Hal ini disebabkan karena alternator tidak mampu menyuplai listrik ke akumulator yang menyebabkannya tidak terisi sehingga mudah soak.

Baca juga: SIM Bisa Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan, Ini Syaratnya

“Kalau alternator bermasalah, aki baru itu tidak akan lama aki bisa soak. Ini karena aki tidak dapat dicharge,” ucapnya.

Tetapi, jika hal ini terjadi Didi menambahkan, harusnya indikator bergambar aki berwarna merah yang ada di dashboard akan menyala.

Ilustrasi jumper aki mobilGridOto.com/Ryan Ilustrasi jumper aki mobil

Sehingga, pengemudi kendaraan bisa langsung mengetahui bagaimana kondisi pengisian maupun akumulatornya.

“Kalau alternator bermasalah biasanya indikator gambar aki akan menyala merah atau indikator mesin menyala, karena ECU (electronic control unit) mendeteksi tegangan listriknya,” tuturnya.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa KTP Jadi Syarat Saat Bayar Pajak Kendaraan

Tetapi, untuk memastikan kondisi komponen pada kendaraan sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke bengkel langganan atau bengkel resmi yang ada.

Dengan begitu penyakit atau permasalahan pada mobil bisa diketahui secara pasti dan penanganan untuk kerusakan yang terjadi bisa lebih tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com