Konfirmasi Esemka Soal Kemunculan SUV Garuda 1 di Permendagri

Kompas.com - 15/09/2020, 07:02 WIB
Esemka Garuda 1 KOMPAS.COM/STANLY RAVELEsemka Garuda 1
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir Agustus 2020 lalu sempat viral mengenai kehadiran Esemka Garuda 1 yang muncul dalam lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri (Pemendagri) Nomor 8 Tahun 2020 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2020.

Dalam keterangannya, tertulis bila Esemka Garuda 1 2.0 M/T tahun produksi 2020 dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) sebesar Rp 265 juta dan DP PKB Rp 278,25 juta.

Kondisi itu pun menimbulkan persepsi dan mengundang banyak tanya dari masyarakat, mengenai kejelasan apakah benar bila Esemka sudah mulai menjual sport utility vehicle ( SUV) Garuda 1 tersebut?

Baca juga: [VIDEO] Review Nissan Kicks E-Power Hadapi Rute Perjalanan Luar Kota

Jawaban Esemka

Menjawab hal ini, Sabar Budhi, Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), menjelaskan bila memang pihaknya sudah memproduksi untuk Garuda, namun bukan untuk dirilis di pasaran.

"Sudah, tapi baru prototipe dulu bukan untuk diluncurkan dulu," kata Sabar saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/9/2020).

Esemka Garuda 1KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Esemka Garuda 1

Sayangnya, ketika ditanya sampai mana proses prototipenya berjalan, bagaimana kelanjutannya, dan kapan rencana untuk merilis Garuda 1 ke pasar otomotif Indonesia, Sabar enggan untuk membahas lebih jauh.

Dia hanya menjelaskan bila memang sudah ada rencana untuk peluncuran, tapi mengenai estimasi kepastian waktunya kapan masih belum untuk diputuskan lantaran satu dan lain hal.

"Kalau dari arahan memang ada kemungkinan untuk diluncurkan, tapi belum tahun ini," ucap Sabar.

Baca juga: Spesifikasi Esemka Bima 1.3, Mobil Dinas Pemkot Semarang

 

Media sosial

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X