Penjualan Sepeda Motor Mulai Naik, Tapi Masih Minus

Kompas.com - 27/08/2020, 07:02 WIB
Yamaha Mio Series masih menjadi salah satu tulang punggung penjualan Yamaha di Indonesia. Yamaha IndonesiaYamaha Mio Series masih menjadi salah satu tulang punggung penjualan Yamaha di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri kendaraan bermotor roda dua memperlihatkan pertumbuhan positif pasca-penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi pada Juni-Juli 2020.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan penjualan sepeda motor di pasar domestik pada Juli 2020 mencapai 292.205 unit, tumbuh 74 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang berada di angka 167.992 unit.

Torehan ini bahkan lebih baik dari dua bulan sebelumnya (April-Mei), saat pemerintah menerapkan PSBB untuk kali pertama dalam upaya menekan penyebaran virus corona alias Covid-19.

Baca juga: Grup Astra Bilang Penjualan Otomotif Terus Melandai hingga Akhir Tahun

Penjualan Motor di pasar domestik 2020KOMPAS.com/Ruly Penjualan Motor di pasar domestik 2020

Kendati demikian, Sekertaris Jenderal AISI Hari Budianto menyebut penjualan motor nasional belum kembali normal atau sebelum ada pandemi. Dibandingkan Juli 2019, masih anjlok 45 persen.

Adapun volume motor yang terjual di pasar dalam negeri sepanjang tahun ini mencapai 2.178.694 unit. Jauh lebih rendah dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang berada di angka 3.753.271 unit atau minus 42 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara pada kinerja ekspor, penjualan motor selama Juli 2020 juga mengalami kenaikan 74 persen dari bulan sebelumnya, yakni dari 32.884 unit menjadi 57.070 unit.

Baca juga: Jakarta Auto Week, Pameran Otomotif yang Berlangsung Saat Pandemi

Ekspor motor Honda di kuartal pertama 2018 melonjak.ISTIMEWA Ekspor motor Honda di kuartal pertama 2018 melonjak.

Namun jika melihat capaian tahun lalu, torehan tersebut masih melemah 20 persen. Untuk total ekspor di sepanjang tahun ini tercatat berada di angka 321.250 unit, turun 26,7 persen dari periode sama tahun lalu di angka 438.782 unit.

Untuk jenis motor yang paling laris masih ditempati skuter matik (skutik) dengan kontribusi 88,2 persen. Kemudian diikuti oleh motor sport (6,1 persen) dan bebek (5,7 persen).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.