Jakarta Auto Week, Pameran Otomotif yang Berlangsung Saat Pandemi

Kompas.com - 18/08/2020, 18:01 WIB
Honda di pameran otomotif Surabaya 2017. IstimewaHonda di pameran otomotif Surabaya 2017.
|

JAKARTA, KOMPAS.comGaikindo telah menyatakan untuk membatalkan ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 yang sedianya berlangsung 22 Oktober sampai 1 November 2020 di ICE BSD City, Tangerang, Banten.

Tahun ini, sebagan gantinya sebuah pameran dengan konsep baru bernama Gaikindo Jakarta Auto Week rencananya akan diselenggarakan pada 21 sampai 29 November 2020 di Jakarta Convention Center (JCC).

Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo, mengatakan, Jakarta Auto Week merupakan pameran yang akan menciptakan potensi penjualan mobil secara masif, dan juga dapat menjadi ajang peluncuran produk baru.

Baca juga: Toyota Luncurkan Innova TRD Sportivo, Simak Daftar Harganya

Pengunjung memperhatikan interior mobil Mitsubishi Xpander ketika berlangsungnya GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD, City Tangerang, Kamis (10/8/2017). Pameran otomotif tersebut diikuti 32 Agen Pemegang Merek (APM), 10 merek motor dan lebih dari 130 exhibitor non APM. ANTARA FOTO/Saptono/Kye/17ANTARA FOTO/Saptono Pengunjung memperhatikan interior mobil Mitsubishi Xpander ketika berlangsungnya GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD, City Tangerang, Kamis (10/8/2017). Pameran otomotif tersebut diikuti 32 Agen Pemegang Merek (APM), 10 merek motor dan lebih dari 130 exhibitor non APM. ANTARA FOTO/Saptono/Kye/17

Rizwan menambahkan, ajang ini merupakan pameran otomotif yang sangat berbeda konsep dengan GIIAS The Series.

“Seperti yang kita ketahui GIIAS fokus mengedepankan ajang peluncuran produk dan teknologi terbaru dari industri otomotif,” ucap Rizwan, dalam keterangan tertulis (18/8/2020).

“Sedang GAIKINDO Jakarta Auto Week tujuannya adalah untuk menggenjot penjualan mobil baik existing product ataupun yang baru diluncurkan pada pelaksanaan pameran,” katanya.

Baca juga: Pasar Otomotif Kembali Menggeliat di Juli 2020, Berikut Merek Terlaris

Suasana booth Toyota di GIIAS 2017 Makassar.GIIAS Suasana booth Toyota di GIIAS 2017 Makassar.

Jakarta Auto Week akan menggunakan keseluruhan area JCC, sebesar lebih kurang 30 ribu meter persegi. Besaran pameran ini dinilai lebih proporsional untuk dilaksanakan pada masa ini.

Gaikindo berharap bahwa dengan pemilihan waktu di akhir tahun, area dan lokasi pameran yang berada ditengah kota akan menjadi dorongan positif bagi industri otomotif untuk tampil maksimal, dan tentunya juga akan memberikan kemudahan bagi para pengunjung.

Targetnya, selama sembilan hari pameran diharapkan dapat menarik 250.000 pengunjung, hal ini tentu disesuaikan dengan pembatasan sosial, protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga: Innova Terbaru Meluncur, Model Lama Diskon Rp 25 Juta

Suasana pameran otomotif di BCA Expoversary 2020 dio ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/2/2020). Pameran dalam rangka memperingati HUT ke-63 BCA digelar serentak di tiga kota Jakarta, Surabaya, Makassar.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Suasana pameran otomotif di BCA Expoversary 2020 dio ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/2/2020). Pameran dalam rangka memperingati HUT ke-63 BCA digelar serentak di tiga kota Jakarta, Surabaya, Makassar.

Rizwan juga mengatakan, berbagai program telah direncanakan untuk mendongkrak penjualan yang terjadi selama pameran.

Mulai dari cashback, promo bundling, hingga live auction yang diyakini akan menambah minat pengunjung untuk hadir dan bertransaksi.

“Penyelenggaraan pameran akan tetap berpatokan pada protokol pengamanan Covid-19, yang juga mencakup pembatasan jumlah pengunjung pada satu waktu, agar tetap aman,” ujar Rizwan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X