Libur Panjang, Jalur Puncak Diprediksi Penuh sejak Kamis

Kompas.com - 19/08/2020, 17:11 WIB
Suasana lalu lintas di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Senin (1/6/2020). Petugas melakukan penyekatan di pos Rindu Alam yang berbatasan dengan wilayah Cianjur  untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui aktivitas mudik masyarakat. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOSuasana lalu lintas di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Senin (1/6/2020). Petugas melakukan penyekatan di pos Rindu Alam yang berbatasan dengan wilayah Cianjur untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui aktivitas mudik masyarakat.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Polres Bogor memprediksi puncak arus wisatawan yang berlibur ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada libur panjang Tahun Baru Islam 1442 H berlangsung mulai Kamis (20/8/2020) besok.

Dalam upaya mengurai lalu lintas, sebanyak 360 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan BPBD Kabupaten Bogor akan diterjunkan di beberapa titik.

"Ada 10 titik, yakni Simpang Gadog, Pasir Muncang, Pasir Angin, Megamendung, Cisarua, Jatiwangi, Taman Safari Indonesia, Ciburial, Gunung Mas, dan Masjid Attawun," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fitra Zuanda dalam keterangan resminya, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Antisipasi Jasa Marga Hadapi Lonjakan Lalu Lintas pada 1 Muharam

Kendaraan pribadi memadati kawasan Puncak Bogor, Jawa BaratKOMPAS.com/AFDHALUL IKHSAN Kendaraan pribadi memadati kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat

Adapun titik kepadatan jalur Puncak diperkirakan bakal terjadi pada Sabtu (22/8/2020). Hal ini karena adanya pertemuan antara arus kendaraan yang mengarah ke Puncak dengan yang balik ke DKI Jakarta.

“Hari Sabtu titik kepadatan jalur Puncak karena pertemuan antara arus wisatawan yang mengarah ke Puncak dengan arus balik ke Jakarta,” terang Fitra.

Petugas gabungan memeriksa suhu tubuh pengendara di check point 1 Segar Alam Ciloto, Cianjur, Jawa Barat yang hendak masuk ke wilayah Cianjur.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Petugas gabungan memeriksa suhu tubuh pengendara di check point 1 Segar Alam Ciloto, Cianjur, Jawa Barat yang hendak masuk ke wilayah Cianjur.

Ia mengimbau kepada warga yang akan menghabiskan masa libur panjang pada pekan ini (20-23 Agustus 2020) di Puncak untuk tertib berlalu lintas dan tidak mengambil jalur lawan arah, terutama pemotor.

"Kami minta pengendara yang mengalami pemendingan oneway bersabar dan tidak melambung karena bisa menghambat arus. Kalau tidak mau bersabar, urungkan niat ke Puncak,” katanya.

"Tak lupa untuk selalu perhatikan protokol kesehatan di tempat-tempat wisata," ujar Fitra lagi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X