Polda Metro Jaya Turunkan 749 Petugas Jelang Periode Libur Panjang

Kompas.com - 19/08/2020, 17:31 WIB
Kepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/8/2020). Tingginya volume kendaraan menuju kawasan wisata Puncak Bogor pada libur akhir pekan dan libur hari kemerdekaan membuat penumpukan dan kepadatan di kawasan tersebut, Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas buka tutup jalan satu arah serta pemberlakuan sistem lawan arus (contraflow) untuk mengurai kepadatan kendaraan. KOMPAS.com/YULIUS SATRIA WIJAYAKepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/8/2020). Tingginya volume kendaraan menuju kawasan wisata Puncak Bogor pada libur akhir pekan dan libur hari kemerdekaan membuat penumpukan dan kepadatan di kawasan tersebut, Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas buka tutup jalan satu arah serta pemberlakuan sistem lawan arus (contraflow) untuk mengurai kepadatan kendaraan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tengah menyiapkan langkah antisipasi untuk menghadapi lonjakkan volume lalu lintas pada libur panjang pekan ini yang dimulai, Kamis (20/8/2020).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan adalah menerjunkan ratusan personel untuk mengatur lalu lintas di sejumlah titik.

“Kesiapan Ditlantas Polda Metro Jaya dalam antisipasi liburan dengan menyiapkan 749 personel. Para anggota yang disebar selain mengamankan jalan juga diharapkan mengurai kemacetan yang akan terjadi,” katanya di keterangan tertulis, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Waspada Macet, Puncak Arus Balik Liburan Belum Usai

Kepolisian lakukan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan yang terjadi saat arus mudik Iduladha 1441 H.NTMC Polri Kepolisian lakukan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan yang terjadi saat arus mudik Iduladha 1441 H.

Sambodo mengatakan, dari 749 personel yang diterjunkan tersebut akan disebar untuk melakukan penjagaan serta pengaturan lalu lintas pada titik-titik yang rawan terjadi kemacetan.

“Dilaksanakan penjagaan dan pengaturan di lokasi rawan macet. Pengawasan akan dimulai sejak sore hari ini. Ada pula pos-pos penjagaan yang siap sedia,” ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pos pengamanan long weekend di jalur tol akan difokuskan ke beberapa titik mulai dari pintu masuk tol elevated serta rest area Km 19.

Baca juga: Jangan Asal Pakai Sarung Bodi Mobil, Ini Alasannya

Kepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/8/2020). Tingginya volume kendaraan menuju kawasan wisata Puncak Bogor pada libur akhir pekan dan libur hari kemerdekaan membuat penumpukan dan kepadatan di kawasan tersebut, Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas buka tutup jalan satu arah serta pemberlakuan sistem lawan arus (contraflow) untuk mengurai kepadatan kendaraan.KOMPAS.com/YULIUS SATRIA WIJAYA Kepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/8/2020). Tingginya volume kendaraan menuju kawasan wisata Puncak Bogor pada libur akhir pekan dan libur hari kemerdekaan membuat penumpukan dan kepadatan di kawasan tersebut, Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas buka tutup jalan satu arah serta pemberlakuan sistem lawan arus (contraflow) untuk mengurai kepadatan kendaraan.

“Lalu Simpang Susun Cikunir, Cawang, kemudian arah Tomang, Kebon Jeruk, arah luar kota kemudian juga ke arah Jagorawi di Simpang Cibubur,” lanjut Sambodo.

Tempat-tempat wisata di dalam kota mulai dari Ragunan, Monas, TMII, Ancol, hingga Kota Tua juga telah disiapkan pengaman menghadapi periode libur panjang.

Seperti diketahui, long weekend akan jatuh pada hari Kamis (20/8/2020) di mana merupakan cuti bersama Tahun Baru Islam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.