Rapor Daihatsu di Awal Semester II 2020, Sigra Masih Mendominasi

Kompas.com - 12/08/2020, 08:22 WIB
Daihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan. KOMPAS.com/GilangDaihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim pergerakan pasar otomotif Tanah Air telah menunjukkan tren positif sejak dua bulan terakhir, yakni Juni hingga Juli 2020.

Secara nasional, pencapaian wholesales ada dikisaran 25.000 unit, atau naik dua kali lipat dibandingkan Juni 2020. Sementara untuk retail pada Juli, pasar otomotif telah mencapai sekitar 35.000 unit, naik sekitar 19 persen dibandingkan Juni.

Untuk pencapaian wholesales, Daihatsu mengaku mengalami peningkatan tajam dengan kenaikan lima kali lipat. Dari sebelumnya 331 unit pada Juni, menjadi 1.553 unit di bulan berikutnya atau Juli.

Baca juga: Penjualan Honda Diklaim Mulai Positif saat Pandemi

Sedangkan untuk retail pada Juli, tercatat jumlahnya mencapai 5.890 unit, atau naik 6 persen bila dibandingkan pada bulan sebelumnya yang hanya 5.558 unit.

Terios 7 Wonders Kolaka Terios 7 Wonders Kolaka

Untuk pencapaian sepanjang Januari hingga Juli (year to date), market share Daihatsu juga ikut mengalami pertumbuhan. Tercatat untuk wholesales naik 0,4 persen menjadi 17,9 persen, sementara retail menjadi 18,2 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019.

"Kami berharap tren positif ini akan terus berlanjut diiringi dengan meningkatnya daya beli masyarakat. Daihatsu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan akan memacu produksinya sesuai dengan permintaan," ucap Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director ADM.

Baca juga: Daihatsu Perketat Protokol Kesehatan, Mulai Geber Pabrik 2 Shift

Dari segi produk, sampai dengan Juli, Sigra masih mendominasi penjualan Daihatsu. Mobil murah tiga baris tersebut berhasil membukukan jumlah retail sebanyak 16.631 unit, atau menyumbang 28,0 persen.

Daihatsu Gran Max Pikap Daihatsu Gran Max Pikap

Setelah itu, posisi kedua ditempati Gran Max pikap dengan pencapaian 12.651 unit atau berkontribusi 21,3 persen. Sementara urutan ketiga ditempati oleh SUV murahnya, yakni Terios, dengan jumlah 8.938 unit dengan kontribusi 15,0 persen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X