Toyota Corolla Cross Bukan Sedan yang Dipaksa Jadi SUV

Kompas.com - 06/08/2020, 16:31 WIB
Toyota Corolla Cross TAMToyota Corolla Cross
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan Corolla Cross di Indonesia. Sebelumnya, SUV ini telah melakukan debut di Thailand pada 9 Juli 2020.

Corolla Cross menggunakan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C) yang sama dengan kepunyaan Corolla Altis maupun C-HR.

Meski secara basis punya kemiripan, Toyota menyebut Corolla Cross dan Corolla Altis merupakan dua mobil yang berbeda.

Baca juga: Pahami Fungsi Kickdown pada Mobil Matik

Toyota Corolla CrossTAM Toyota Corolla Cross

“Bahwa Corolla Cross ini bukan sedan yang dijadikan SUV, jadi ini benar-benar baru, platform-nya pun berbeda, bukan sekadar mengubah sedan menjadi SUV,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT TAM, dalam konferensi virtual (6/8/2020).

Menurutnya pengembangan pada body rigidity dan sistem suspensi yang didesain khusus, memberikan peredaman yang empuk serta nyaman.

Kondisi ini membuat Corolla Cross terasa pas digunakan untuk mengajak seluruh anggota keluarga melewati jalan perkotaan, tol, dan pedesaan.

Baca juga: Diskon Mobil Murah Bulan Ini Tembus Puluhan Juta Rupiah

Toyota Corolla Cross melewati simulasi banjirTAM Toyota Corolla Cross melewati simulasi banjir

“Ada sejumlah penyesuaian yang dilakukan, tidak sekadar mengubah bodi. Corolla Cross bukan dari sedan,” kata Anton.

Untuk diketahui, kehadiran Corolla Cross merupakan jawaban Toyota atas meningkatnya pasar SUV di dunia, termasuk juga Indonesia.

Berdasarkan catatan Toyota, penjualan SUV di Tanah Air pada 2019 telah meningkat hingga 65 persen dibandingkan tahun 2014.

Baca juga: Sering Terlupakan, Ini Barang-barang yang Wajib Ada di Mobil

Rancang bangun kaki-kaki Toyota Corolla Cross menggunakan tipe torsion beam pada suspensi belakang.Kompas.com/Dio Rancang bangun kaki-kaki Toyota Corolla Cross menggunakan tipe torsion beam pada suspensi belakang.

Oleh karena itu, Toyota memperluas jangkauan pasar dengan memperkenalkan SUV baru yang dapat memenuhi kebutuhan daya hidup dan simbol status yang lebih tinggi.

“All New Corolla Cross merupakan implementasi komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan Ever Better Cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond,” ujar Susumu Matsuda, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, dalam keterangan tertulis (6/8/2020).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X