Sering Terlupakan, Ini Barang-barang yang Wajib Ada di Mobil

Kompas.com - 05/08/2020, 18:01 WIB
Salah satu kompartemen penyimpanan ban serep di mobil Maserati Aditya Maulana, KompasOtomotifSalah satu kompartemen penyimpanan ban serep di mobil Maserati

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika mengemudi, ada perlengkapan yang wajib ada di dalam mobil. Fungsinya yaitu untuk membantu pengemudi dalam keadaan darurat.

Menurut UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 57 Ayat 3, sekurang-kurangnya kendaraan bermotor beroda empat atau lebih harus memiliki perlengkapan seperti sabuk keselamatan, ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, helm dan rompi pemantul cahaya, dan perlatan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) lalu lintas.

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan mengatakan, setidaknya ada tiga alat yang harus ada di mobil.

Baca juga: 10 Mobil Bekas Harga Rp 20 Jutaan Bulan Ini

Ilustrasi kotak P3K di mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi kotak P3K di mobil

“Minimal punya segitiga pengaman, dongkrak, kunci roda, dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K),” kata Marcell kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain alat-alat di atas, pemilik kendaraan juga bisa menambah perlengkapan untuk menunjang keselamatan. Seperti yang dikatakan Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana.

Sony mengatakan, pemilik kendaraan bisa menambah alat pemadam api ringan (APAR), melengkapi kotak P3K yang disesuaikan dengan kebutuhan darurat, dan pompa angin portable.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 50 Jutaan, Bisa Dapat Honda Jazz sampai BMW Lawas

“Ketika kecelakaan, pemilik harus mampu mandiri menyelesaikan masalahnya. Jadi tidak bergantung kepada pihak lain yang kadang merepotkan,” ucap Sony kepada Kompas.com.

Kemudian untuk P3K, perlu ditambahkan alat untuk menahan pendarahan seperti kasa steril, sarung tangan lateks, termometer, pinset dan lainnya.

Untuk kadaluarsa dari obat-obat P3K biasanya lama, yang penting penempatannya benar dan tidak terpapar matahari langsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.