Kompas.com - 06/08/2020, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat melalui jalan menanjak, pengemudi mobil manual biasanya menurunkan gigi transmisi ke posisi lebih rendah untuk mendapatkan torsi yang besar. Namun, tindakan akan berbeda saat mengendarai mobil dengan transmisi otomatis (matik).

Pada mobil matik, ada istilah “kickdown”. Perilaku ini merupakan mekanisme untuk bisa berakselerasi spontan dalam kondisi jalan menanjak. Setiap mobil matik, relatif sudah dilengkapi dengan kemampuan ini.

“Fasilitas ini berfungsi ketika dibutuhkan akselerasi spontan pada kendaraan, misalnya saat kecepatan standar tiba-tiba ingin mendahului kendaraan lain atau jalanan menanjak yang membutuhkan torsi besar,” ujar Service Head Auto2000 Bekasi, Sapta Agung Nugraha, kepada Kompas.com, Rabu (5/8/2020).

Baca juga: Tuas Transmisi Model Zig-zag Lebih Aman buat Pemula?

Kondisi tanjakan dan turunan jalur darurat jembatan Kali Kenteng, di Susukan, Kabupaten Semarang, pada hari pertama fungsionaliasi ruas tol Salatiga-Kartasura, Jumat (8/6/2018) siang.kompas.com/ syahrul munir Kondisi tanjakan dan turunan jalur darurat jembatan Kali Kenteng, di Susukan, Kabupaten Semarang, pada hari pertama fungsionaliasi ruas tol Salatiga-Kartasura, Jumat (8/6/2018) siang.

Sapta melanjutkan, tahapan kickdown ini terjadi secara otomatis, di mana saat pengemudi menekan pedal gas secara cepat, maka gigi kecepatan pada transmisi matik akan otomatis turun satu tingkat terlebih dahulu, baru naik kembali.

Baca juga: Mobil Matik Lewati Tanjakan Curam dan Kondisi Macet, Ini Triknya

Cara kerja mekanisme ini, umumnya pengemudi hanya tinggal menginjak pedal gas secara cepat.

“Dengan itu, maka gigi secara otomatis turun satu tingkat ke posisi gigi lebih rendah sehinga mendapat akselerasi yang cepat, khususnya saat menanjak. Electronic Control Unit (ECU) transmisi matik, akan mendeteksi hal ini dari perbandingan, antara rpm mesin dengan kecepatan kendaraan,” katanya.

Jadi dianjurkan untuk menerapkan kickdown, saat berakselerasi atau berada di jalan tanjakan.

“Caranya, saya ulangi lagi, tekan saja pedal gas secara tiba-tiba dan penuh saat menanjak, sehingga otomatis terjadi perpindahan gigi ke posisi lebih rendah,” tutur Sapta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.