Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Corolla Cross Bukan Sedan yang Dipaksa Jadi SUV

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan Corolla Cross di Indonesia. Sebelumnya, SUV ini telah melakukan debut di Thailand pada 9 Juli 2020.

Corolla Cross menggunakan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C) yang sama dengan kepunyaan Corolla Altis maupun C-HR.

Meski secara basis punya kemiripan, Toyota menyebut Corolla Cross dan Corolla Altis merupakan dua mobil yang berbeda.

“Bahwa Corolla Cross ini bukan sedan yang dijadikan SUV, jadi ini benar-benar baru, platform-nya pun berbeda, bukan sekadar mengubah sedan menjadi SUV,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT TAM, dalam konferensi virtual (6/8/2020).

Menurutnya pengembangan pada body rigidity dan sistem suspensi yang didesain khusus, memberikan peredaman yang empuk serta nyaman.

Kondisi ini membuat Corolla Cross terasa pas digunakan untuk mengajak seluruh anggota keluarga melewati jalan perkotaan, tol, dan pedesaan.

“Ada sejumlah penyesuaian yang dilakukan, tidak sekadar mengubah bodi. Corolla Cross bukan dari sedan,” kata Anton.

Untuk diketahui, kehadiran Corolla Cross merupakan jawaban Toyota atas meningkatnya pasar SUV di dunia, termasuk juga Indonesia.

Berdasarkan catatan Toyota, penjualan SUV di Tanah Air pada 2019 telah meningkat hingga 65 persen dibandingkan tahun 2014.

Oleh karena itu, Toyota memperluas jangkauan pasar dengan memperkenalkan SUV baru yang dapat memenuhi kebutuhan daya hidup dan simbol status yang lebih tinggi.

“All New Corolla Cross merupakan implementasi komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan Ever Better Cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond,” ujar Susumu Matsuda, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, dalam keterangan tertulis (6/8/2020).

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/06/163100015/toyota-corolla-cross-bukan-sedan-yang-dipaksa-jadi-suv

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke