Motor Ganti Shockbreaker Belakang, Perhatikan Tingginya

Kompas.com - 05/08/2020, 19:01 WIB
Honda CRF150L. Suspensi belakang monoshock dengan pro-link. Febri Ardani/KompasOtomotifHonda CRF150L. Suspensi belakang monoshock dengan pro-link.

JAKARTA, KOMPAS.com - Shockbreaker pada motor tidak terlepas dari modifikasi. Berbagai merek aftermarket menyediakan banyak pilihan model, mulai dari warna yang beragam sampai adanya tabung gas.

Namun jika ingin membeli shockbreaker aftermarket, perlu memerhatikan tingginya, apakah lebih tinggi atau rendah dari tipe standar. Karena jika mengganti dengan ukuran yang berbeda, ada efek samping yang akan dirasakan.

Teknisi Ohlins Indonesia, Zulfaisal mengatakan, perbedaan tinggi shockbreaker belakang akan sangat terasa perbedaan karakter berkendaranya, apalagi pada saat menikung.

Baca juga: Deretan Fitur Canggih pada Mobil yang Biasanya Menganggur

Suspensi belakang pakai Ohlins.KompasOtomotif-Donny Aprilianand Suspensi belakang pakai Ohlins.

Mengganti shockbreaker belakang akan berpengaruh pada berubahnya sudut rake dan trail di suspensi depan. Sudut rake adalah sudut yang dibuat dari kemiringan suspensi depan dari garis tegak lurus sumbu roda depan, ke pijakan roda dengan tanah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau lebih panjang dari standar, posisi duduk akan condong ke depan. Sehingga shock depan bebannya jadi lebih berat,”kata pria yang biasa disapa Izul kepada Kompas.com, Rabu (5/8/2020).

Baca juga: 745.000 Debitur Adira Finance Dapat Keringanan Kredit

Mengganti shockbreaker belakang yang lebih tinggi membuat motor lebih mudah untuk diajak bermanuver, namun kurang stabil jika berada di trek lurus. Sedangkan shockbreaker yang lebih rendah membuat motor stabil di trek lurus, namun handlingnya sulit.

Selain mengubah rasa berkendara, tentunya secara fisik, tampilan motor juga berubah. Jika memakai shockbreaker yang lebih panjang, ban belakang akan lebih dekat ke lantai, begitu juga sebaliknya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.