Deretan Fitur Canggih pada Mobil yang Biasanya Menganggur

Kompas.com - 05/08/2020, 09:02 WIB
Pengatur fitur cruise control ada di sebelah kanan kemudi. Febri ArdaniPengatur fitur cruise control ada di sebelah kanan kemudi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, mobil yang diproduksi oleh pabrikan sudah dilengkapi oleh berbagai fitur canggih. Bahkan, untuk kendaraan baru yang diluncurkan selalu mengalami kenaikan harga, dengan alasan adanya penambahan berbagai fitur canggih.

Meski demikian, dari sekian banyak fitur yang disematkan pada mobil, ada beberapa yang relatif jarang digunakan. Kondisi ini bisa disebabkan karena pemilik mobil yang tidak mengetahui keberadaannya tersedia pada mobi, atau memang tidak mengerti fungsi dari fitur tersebut.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi mengatakan, idealnya fitur yang disematkan di dalam mobil adalah yang dibutuhkan konsumen.

"Seperti, cruise control, paddle shift, isofix, atau brake hold. Beberapa fitur tersebut disematkan oleh pabrikan untuk menunjang kebutuhan pengemudi saat berkendara," ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/8/2020).

Namun, Bambang membenarkan bahwa tidak jarang pemilik kendaraan yang cenderung mengabaikan fitur tersebut karena faktor kebiasaan mereka saat berkendara.

Berikut beberapa daftar fitur canggih pada mobil yang relatif jarang digunakan pemilik:

 1. Cruise Control

Fitur canggih ini sebenarnya sangat membantu pengemudi ketika ingin mengistirahatkan kakinya sejenak. Pasalnya, fitur ini bisa membuat laju kendaraan konstan tanpa perlu menekan pedal gas, cukup mengendalikan kemudi saja.

Namun melihat kondisi jalan di Indonesia yang padat, membuat para pengemudi enggan untuk menggunakannya.

Baca juga: Masalah Sering Terjadi pada Ban Belakang Ganda Bagian Dalam

2. Kunci Pengaman Anak (Child-Lock)

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X