Mematikan Mesin dalam Kondisi AC dan Audio Menyala Itu Salah!

Kompas.com - 30/07/2020, 11:22 WIB
Detial interior mobil baru Mitsubishi Outlander PHEV di GIIAS 2019. Kompas.com/Setyo AdiDetial interior mobil baru Mitsubishi Outlander PHEV di GIIAS 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebiasaan buruk yang paling sulit dihapus pemilik mobil adalah rasa cuek alias abai. Salah satunya, kebiasaan mematikan mesin mobil ketika kondisi air conditioner ( AC) dan audio masih menyala

Memang terkesan sepele, tapi kalau kebiasaan ini kerap dilakukan maka bisa mempengaruhi sistem kelistrikan kendaraan. Utamanya adalah membuat usia pakai aki jadi lebih singkat.

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan, bila posisi AC dan audio tetap pada saat posisi menyala (on), maka membuat kinerja aki lebih terasa berat saat awal menghidupkan mesin mobil.

“Angkatan aki jauh lebih berat dari awalnya, karena selain menyalurkan daya untuk starter, aki juga harus mengirim daya ke audio dan AC. Beban kerja aki jadi berlipat ganda,” ujar Anjar kepada Kompas.com.

Baca juga: Ingin Beli Motor listrik, Perhatikan Charger Baterainya

Ilustrasi pemasangan aki mobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi pemasangan aki mobil

Anjar melanjutkan, kondisi ini akan berbahaya bila sering dilakukan, terlebih bagi mobil yang jarak tempuhnya tidak terlalu jauh.

Artinya, mobil yang memiliki jarak tempuh pendek, membuat pengisian daya ke aki menjadi tidak maksimal.

Baca juga: Fasilitas Dispenser Air di Bus, Hanya untuk Eksekutif dan Pariwisata                 

Kondisi tersebut bisa memperpendek umur aki, bila dibarengi dengan kebiasaan buruk yang selalu membiarkan AC dan audio tetap aktif ketika mematikan mesin mobil.

“Secara ketentuan memang tidak ada keharusan mematikan audio dan AC, tapi untuk menjaga aki lebih awet ada baiknya dilakukan secara prosedur saja,” kata Anjar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X