Kebiasaan Menghidupkan Langsung AC Mobil di Pagi Hari Itu Salah?

Kompas.com - 30/07/2020, 10:42 WIB
ac mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniac mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur pendingin udara atau air conditioner ( AC), menjadi perangkat wajib untuk menunjang keamanan pemilik mobil maupun penumpang. Meski demikian, pemilik kendaraan sebaiknya memperhatikan beberapa hal terkait cara menggunakannya.

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan pemilik mobil adalah langsung menyalakan AC mobil saat baru masuk kabin, terutama di pagi hari.

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan, kebiasaan tersebut ternyata punya dampak buruk bila sering dilakukan.

“Masalahnya lebih kepada kesehatan ruang kabin saja. Saat mobil habis digunakan di malam hari akan terasa sisa udara yang mengendap, sisa tersebut buruk bila langsung terisap oleh tubuh,” ujar Anjar saat dihubungi Kompas.com, Rabu (29/7/2020).

Baca juga: Ingin Beli Motor listrik, Perhatikan Charger Baterainya

Merawat kabin mobilStanly/Otomania Merawat kabin mobil

Anjar menyarankan, sebaiknya saat pagi hari sebelum menyalakan AC jendela mobil dibuka terlebih dahulu untuk proses sirkulasi udara.

“Biar ada pergantian udara jendela dibuka lebih dulu, paling tidak lima menit baru setelah itu dinyalakan AC-nya,” katanya.

Baca juga: Fasilitas Dispenser Air di Bus, Hanya untuk Eksekutif dan Pariwisata

Terkait hal ini, dokter rumah sakit Pertamina Bina Medika Daniel Bramantyo mengatakan, ruang kabin di mobil wajib mendapatkan sirkulasi udara yang cukup sebelum menggunakan mobil.

“Bila tertutup semalaman atau lebih, wajib dalam kondisi bersih. Saat akan digunakan, baiknya tidak langsung, tetapi berikan waktu agar terjadi pertukaran udara. Bisa dengan cara membuka kaca terlebih dahulu,” ucap Daniel kepada Kompas.com, Rabu (29/7/2020).

Menurutnya, ruang tertutup setelah penggunaan AC dan dibiarkan lama bisa menimbulkan toksik atau zat lain yang sifatnya buruk untuk kesehatan. Apalagi untuk kabin mobil, di mana ada kemungkinan kontaminasi udara cukup besar digunakan di jalan raya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X