Prototipe Angkot Jak Lingko, Pakai AC dan Sabuk Pengaman

Kompas.com - 29/07/2020, 18:58 WIB
Prototipe Mikrotrans Jak Lingko DSP Styling/DodyPrototipe Mikrotrans Jak Lingko

BOGOR, KOMPAS.comMikroTrans Jak Lingko merupakan armada pengumpan untuk bus TransJakarta. Sebelumnya, Jak Lingko sempat terkenal karena menggunakan angkot dengan pendingin ruangan atau AC.

Pada waktu itu, armada angkot ber-AC yang digunakan yaitu Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max. Namun sekarang sudah dibuat prototipe Mikrotrans Jak Lingko yang dibuat oleh karoseri DSP Styling di Bogor.

Prototipe Mikrotrans yang dibuat menggunakan sasis Suzuki Carry terbaru. Kemudian dibuatkan bodi dengan bahan plat besi menjadi minibus. Secara eksterior, tersedia LED running text yang ada di bagian depan atas dan samping kiri.

Baca juga: Lampu Indikator Bensin Menyala, Sisa Berapa Liter di Tangki?

Prototipe Mikrotrans Jak LingkoDSP Styling/Dody Prototipe Mikrotrans Jak Lingko

Kemudian untuk akses penumpang belakang, menggunakan model pintu geser yang lebar. Masuk ke kabin belakang, disediakan sembilan kursi, enam di sisi kanan dan tiga di kiri. Setiap kursinya juga dilengkapi sabuk pengaman dua titik.

“Pokoknya angkot eksekutif memakai AC dan setiap kursi penumpangnya ada busanya. Kemudian dilengkapi juga dengan empat kamera,” kata Dody, Marketing Support DSP Styling kepada Kompas.com, Rabu (29/7/2020).

Kamera tersebut menayangkan sisi pengemudi, penumpang, ke depan dan ke belakang sebagai kamera mundur.

Kemudian soal kenyamanan, AC pada Mikrotrans dahulu yang hanya single blower, sekarang sudah ada blower AC di kabin penumpang belakang.

Baca juga: Selamat Jalan Bapak Grand Livina Indonesia, Teddy Irawan

“Kalau orisinalnya kan memang ada dari sananya, kita tambah jadi double blower. Jadi ada ducktingnya dan kita ubah semuanya,” ucap Dody.

Kemudian pada kabin belakang, lantainya diganti juga dengan menggunakan triplek yang dilapis vinil. Selanjutnya pada atap kabin juga tersedia lampu ambience berwarna putih kebiru-biruan, lampu kabin dan louver AC.

Selain itu ada juga sekat pemisah terbuat dari pipa besi antara pengemudi dan penumpang di belakang. Pada kabin juga disediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk keadaan darurat.

Saat ini, Dinas Perhubungan DKI Jakarta sedang meninjau dan memperkenalkan prototipe Mikrotrans Jak Lingko ke operator.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X