Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Jalan Bapak Grand Livina Indonesia, Teddy Irawan

Kompas.com - 28/07/2020, 17:05 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkecimpung di dunia otomotif puluhan tahun, nama Teddy Irawan untuk sebagian orang sudah cukup dikenal. Apalagi bagi kalangan media dan komunitas Nissan khususnya.

Kini di tengah masa pandemi yang masih melanda Indonesia, dunia otomotif Tanah Air berduka atas berpulangnya Teddy. Pria ramah senyum tersebut menghembuskan napas terakhirnya pada Selasa (28/7/2020).

Kurang lebih Teddy menghabiskan waktunya selama 28 tahun di PT Nissan Motor Indonesia (NMI), tak heran bila dia dianggap sebagai salah satu orang yang berhasil menggaungkan nama Nissan di Tanah Air.

Baca juga: Kalah Saing dengan SUV Kecil, Mitsubishi Mau Suntik Mati Pajero

Bahkan untuk sebagian orang yang sangat dekat dan mengenal dirinya, baik dikalangan teman atau di lingkungan kerjanya, Teddy justru mendapat julukan sebagai "Bapak Grand Livina". Hal ini tak lepas dari prestasinya melahirkan multi purpose vehicel (MPV) tersebut pada 2007 lalu.

All-New Grand LivinaAgung Kurniawan All-New Grand Livina

"Beliau orang yang punya intuitif bisnis yang tajam, dia tipe orang yang bukan by the book tapi street smart. Kenapa dijuluki Bapak Grand Livina, karena beliau yang melahirkan produknya," ujar Indriani Hadiwidjaja yang saat ini menjabat sebagai General Manager Sales and Volume Planning Nissan South Africa kepada Kompas.com, Selasa (28/7/2020).

"Jadi mulai dari perencanaan sampai keberhasilan Livina itu berkat beliau, dan momen itu juga jadi titik balik untuk NMI yang masuk jadi pemain otomotif besar di Indonesia, kira-kira itu pada 2007. Saya cukup dekat dan kagum dengan cara berpikir beliau," kata dia.

Baca juga: Jangan Malas Ganti Oli Mesin, Ini Efek Buruknya

Lebih dari 1.000 unit Livina memadati kawasan Candi Prambanan saat LivinALife digelar, Sabtu (7/5/2016).Dok. Nissan Motor Indonesia Lebih dari 1.000 unit Livina memadati kawasan Candi Prambanan saat LivinALife digelar, Sabtu (7/5/2016).

Sudah beragam posisi strategis di tempati Teddy selama di Nisaan, dan terakhir dia menjabat sebagai Vice President Aftersales and Product Palnning & TCS (Total Customer Satisfaction) NMI pada 2016 lalu.

Namun belum banyak yang tahu, bila awal saat dia pertama kali masuk Nissan karirnya benar-benar dirintis dari bawah, yakni aftersales.

Selamat jalan Pak Teddy ...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com