Keren, Wujud Maung Pindad Berpengerak 6x6 dan SWB

Kompas.com - 29/07/2020, 07:02 WIB
Modifikasi virtual Maung Pindad karya @low5100w https://www.instagram.com/low5100w/Modifikasi virtual Maung Pindad karya @low5100w
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak penampakannya viral di sosial media, kendaraan taktis (Rantis) ringan buat PT Pindad (Persero), langsung menjadi buah bibir. Kendaraan yang dinamakan Maung itu pun mengundang banyak ketertarikan dari masyarakat.

Tak hanya orang awam, beberapa modifikator virtual di Tanah Air juga ada yang tertarik, bahkan sampai sudah ada yang membuat olah digital modifikasi Maung dengan ragam varian dan pilihan warna.

Contohnya seperti kreasi Maung versi penggerak roda 6x6 hasil karya digital @low5100w yang dipajang di akun instagram, kemudian di unggah ulang olah National Modificator & Aftermarket Association ( NMAA).

Baca juga: Dibuat Fleksibel, Maung Pindad Bisa Pakai Mesin Lain

 

Tak banyak komentar, karena memang hasilnya patut untuk diacungi jempol. Maung yang semula berkonfigurasi sistem penggerak 4x4, mendadak punya bodi lebih panjang disertai jumlah kaki yang bertambah hingga enam roda, dengan wujud pelek lebih besar.

Baca juga: Rasanya Geber Rantis Maung Pindad


Alhasil, tampilan Maung pun menjadi lebih stylish, apalagi dengan balutan warna cerah di sektor bodi yang terbuat dari pelat besi galvanis tersebut. Walau demikian, aura militer serta ketangguhannya tetap terlihat dari tongkrongan serta atributnya.

Selain membuat Maung lebih panjang dengan penggerak roda 6x6, @low5100w juga mencoba untuk memberikan ragam pilihan warna. Ada yang putih, merah, biru, cokelat, oranye, hijau, army, hitam, serta biru muda.

Tak hanya itu, ada juga Maung yang rekayasa desainnya dirombak menjadi singel cabin atau bertema short wheel base (SWB) dengan dimesi yang lebih pendek. Atapnya tetap diberikan sentuhan kanvas layaknya soft top hingga bagian bagasi belakang, namun ketika disandingkan dengan kelir putih, aura militernya malah sirna.

Pilihan lain, versi Maung SWB dengan bodi tertutup juga cukup menarik, apalagi dibalut dengan warna merah yang kemudian dikombinasikan dengan kelir hitam pada bagian kaki dan beberapa ornamen lainnya.

Olah digital ini mungkin bisa menjadi salah satu alternatif saat nanti Maung diproduksi dalam versi sipil. Karena seperti diketahui, setelah produksi untuk kebutuhan militernya terpenuhi, Pindad akan mencoba memenuhi permintaan konsumen sipil.

Baca juga: Intip Ruang Kabin Maung Pindad, Pakai Jok Racing

Sekadar informasi, Maung digagas sebagai kendaraan rantis untuk pertempuran jarak dekat yang diklaim memiliki performa dan kemampuan menjelajah di segala medan.

Modifikasi digital Maung Pindad karya @low5100whttps://www.instagram.com/low5100w/ Modifikasi digital Maung Pindad karya @low5100w

Meski menggunakan mesin turbo diesel milik Toyota Hilux, tapi jangan mengganggap bila Maung hanya sekadar Hilux yang berganti baju saja.

Karena dalam sesi pengujian internalnya sendiri, Maung dipaksa melahap medan bebatuan besar yang mana jalur tersebut merupakan lintasan pengetesan untuk kendaraan militer dengan dimensi lebih besar, seperti Anoa dan Komodo.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X