Kompas.com - 28/07/2020, 18:14 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem kelistrikan tidak hanya aki, tapi juga ada kiprok. Komponen ini memiliki fungsi untuk menahan dan menstabilkan arus listrik yang datang dari spul untuk diteruskan ke aki.

Karena itu, saat kiprok rusak maka alur sistem kelistrikan di motor tidak akan berjalan baik. Kiprok yang rusak bisa menggangu beberapa komponen lain, termasuk menyebabkan aki drop dan motor sulit distarter.

Baca juga: Harley Rancang Sistem Keseimbangan Mandiri, Anti-Jatuh buat Pemula

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor, mengatakan, untuk motor zaman dulu yang masih pakai listrik bolak-balik (AC/Alternating Current), kiprok yang rusak akan mengganggu pengisian aki.

"Kalau motor zaman dulu yang penerangannya pakai sistem AC atau spul, itu berpengaruh terhadap rangkaian tersebut," ujar Wahyudi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Kiprok pada sepeda motor, salah satu penyebab tidak stabilnya pengisian aki.Donny Apriliananda Kiprok pada sepeda motor, salah satu penyebab tidak stabilnya pengisian aki.

Bahkan katanya, jika kiprok rusak maka bohlam bisa putus saat motor digas di putaran tinggi. Sebab kiprok berfungsi sebagai pengatur arus listrik ke berbagai komponen agar tidak berlebihan.

Adapun untuk motor yang sudah menganut listrik searah (DC/Direct Current). Kiprok yang rusak membuat aki sering drop dan merusak aki. Sebab pasokan tegangan dari kiprok yang rusak menjadi tidak sempurna.

Baca juga: Mobil Susah Distarter, Penyebabnya Bukan Cuma Aki Soak

Kalau sudah seperti itu imbasnya ialah motor akan sulit distarter terutama yang mengusung starter elektrik.

"Sebab, sumber pengapian DC kan dari aki. Jika aki dipakai terus dan pengisiannya tidak ada, otomatis lama kelamaan akan mati juga," kata Wahyudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.