Pewangi Kabin Bisa Rusak Interior Mobil, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 28/07/2020, 13:12 WIB
Ilustrasi parfum mobil di AC Ilustrasi parfum mobil di AC
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pemilik mobil tentunya menginginkan agar kondisi kabin tetap bersih dan harum. Selain rutin membersihkannya, ada cara lain untuk menjaga aroma di dalam ruang kemudi tetap wangi.

Salah satunya dengan menempatkan pengharum ruangan khusus untuk kendaraan roda empat. Hanya saja, tidak sedikit yang sembarangan memilih jenis pewangi mobil tanpa mempertimbangkan efek buruknya bagi interior di dalam kabin.

Pasalnya, tidak semua jenis pengharum mobil memberikan efek yang bagus untuk komponen lainnya.

Baca juga: Pengemudi Kendaraan Halangi Ambulans Bisa Dipenjara, Ini Aturannya

Business Development Rotary Bintaro Kelvin mengatakan, penggunaan pewangi mobil sangat tidak disarankan berbentuk gel.

Hal ini bisa memberikan efek yang kurang baik terhadap komponen lainnya terutama perangkat pendingin udara atau AC.

Merawat kabin mobilStanly/Otomania Merawat kabin mobil

“Beberapa tipe pengharum mobil yang berbentuk gel itu bisa membuat bagian evaporator bisa berlendir. ini karena aromanya akan disedot oleh AC dan hal tersebut akan membuat zat-zat kimia pada parfum akan mengendap,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Kelvin menambahkan, parfum model seperti gel diawal-awal memang akan terasa segar wanginya, tetapi setelah hitungan minggu mulai asam.

Tak hanya itu saja, lanjut Kelvin, pengharum gel terbuat dari bahan silikon terbukti mempercepat proses penguningan di dalam kabin mobil.

Baca juga: Hindari Bonceng Anak di Jok Depan Motor, Bisa Berbahaya

“Sehingga bisa memicu perubahan warna dalam kabin. Selain itu pengharum berbentuk gel juga dapat menimbulkan kerak di bagian tertentu dan bisa memicu bau yang tidak sedap di dalam kabin,” katanya.

Kelvin menyarankan, dibandingkan menggunakan parfum yang bisa menimbulkan efek buruk pada komponen lainnya lebih baik melakukan treatment fogging secara rutin.

Proses fogging di dalam kabin mobilVertue Concept Proses fogging di dalam kabin mobil

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X