Kenali 7 Penyebab Pecah Ban, Salah Satunya Tak Dirawat

Kompas.com - 27/07/2020, 12:01 WIB
Ban pecah akibat injak botol isi air keras Ban pecah akibat injak botol isi air keras
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian pecah ban mobil bisa menimpa siapa dan juga terjadi di mana saja. Tak jarang pula kejadian ini menyebabkan terjadinya kecelakaan hingga menyebabkan korban jiwa.

Untuk menghindari kondisi tersebut, pengemudi pun perlu mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan karet pembungkus pelek mengalami pecah secara tiba-tiba.

Sedikitnya ada tujuh faktor yang bisa menjadi penyebab terjadinya ban mobil mengalami pecah.

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Isi Nitrogen di Ban Mobil

Berikut 7 faktor yang bisa menjadi penyebab ban mobil pecah

1. Kurang tekanan udara

Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.huffingtonpost.com Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.

Masih banyak pemilik kendaraan roda empat yang menganggap sepele tekanan udara ban. Padahal, ban yang kekurangan tekanan udara atau tidak sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrikan bisa menjadi penyebab terjadinya pecah ban.

“( Pecah ban) paling sering akibat kurang tekanan angin atau karena memikul bobot yg berlebihan, inilah musuh utama ban tekanan angin yang kurang atau equivalent dengan kelebihan bobot,” ujar On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Maka dari itu, Zulpata menyarankan agar pemilik kendaraan lebih aktif untuk memeriksa tekanan udara pada ban sebelum menggunakannya.

“Selalu lakukan pemeriksaan berkala tekanan udara ban, sesuaikan dengan tekanan angin ban yang direkomendasikan pabrikan kendaraan,” katanya.

Baca juga: Ini Lokasi Stiker Keterangan Tekanan Udara Ban Mobil

2. Jarang dirawat

ilustrasi semir bannoblerate.com ilustrasi semir ban

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X