Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Anggap Sepele jika Lampu Indikator Oli Menyala, Ini Artinya

Kompas.com - 28/07/2020, 11:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerusakan atau malfungsi yang terjadi pada mesin mobil dapat diinformasikan ke pengendara melalui lampu indikator. Salah satunya, yaitu mengenai tekanan oli.

Oli mesin pada mobil dibutuhkan bukan hanya untuk sistem pelumasan komponen. Tekanan oli juga berpengaruh terhadap performa mesin mobil.

Baca juga: Ketahui Penyebab Oli Mesin Motor Menjadi Boros

Riecky Patrayudha, Service Dept Head 2W, 4W, and Marine PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, lampu indikator tekanan oli akan menyala pada saat kunci kontak pada posisi On. Setelah mesin dihidupkan, lampu akan mati.

Dipstick Oli Mesin mobilistimewa Dipstick Oli Mesin mobil

"Lampu akan terus menyala jika tekanan oli tidak cukup. Jika lampu menyala saat dikendarai, segera menepi dan matikan mesin," kata Riecky saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Riecky menambahkan, periksa level oli dan tambahkan jika perlu. Jika mesin diteruskan bekerja dengan lampu indikator menyala, dapat mengakibatkan kerusakan mesin.

Baca juga: Ini Akibatnya jika Sembarangan Tambah Oli Mesin Kendaraan

"Jangan hanya memercayai lampu ini. Periksa jumlah oli secara berkala," ujar Riecky.

Memeriksa jumlah oli bisa dilakukan dengan melihatnya menggunakan tongkat pengukur oli atau dipstick. Sebaiknya, lakukan cara ini saat kondisi mesin masih dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com