Lampu Indikator Suhu Radiator di Mobil Menyala, Ini Artinya

Kompas.com - 28/07/2020, 12:22 WIB
Lampu indikator suhu radiator pada mobil carfromjapan.comLampu indikator suhu radiator pada mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada panel meter mobil, terdapat banyak lampu indikator. Fungsinya adalah memberikan informasi terjadinya kerusakan atau permasalahan pada suatu komponen.

Salah satu indikator yang tidak kalah penting, yakni indikator temperatur radiator mesin. Setiap mobil dibekali radiator atau sistem pendingin cairan agar temperatur mesin tetap terjaga.

Baca juga: Sudah Tahu Arti Angka pada Tutup Radiator Mobil?

Tetapi, jika terjadi permasalahan maka indikator ini akan menunjukkan bahwa mesin mobil mengalami panas yang berlebih atau overheat.

Ilustrasi memeriksa radiator mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi memeriksa radiator mobil

"Bila kunci kontak diputar ke posisi On, lampu ini menyala sebentar. Sehingga, pengendara dapat memastikan apakah lampu bekerja," ujar Riecky Patrayudha, Service Dept. Head 2W, 4W, and Marine PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Riecky menambahkan, indikator temperatur radiator mesin pada mobil memiliki dua fungsi.

Baca juga: Air Buangan AC Bagus untuk Radiator, Mitos atau Fakta?

"Lampu suhu cairan pendingin rendah (warna biru). Lampu ini terus menyala ketika mesin masih dingin dan mati jika mesin telah dipanaskan," kata Riecky.

Riecky melanjutkan, jika lampu berkedip, berarti ada masalah pada sistem. Sebaiknya segera hubungi bengkel resmi terdekat.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X