Apa Artinya jika Lampu Indikator Tekanan Oli Menyala?

Kompas.com - 28/07/2020, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap mesin mobil memerlukan oli dalam jumlah tertentu untuk pelumasan. Volume oli berhubungan erat dengan tekanan pelumas yang dapat membuat performa mesin mobil menjadi optimal.

Untuk itu, menjaga tekanan oli dapat dilakukan dengan memperhatikan kondisi volume. Jika volumenya berkurang, maka akan berpengaruh terhadap performa mobil.

Baca juga: Ketahui Penyebab Oli Mesin Motor Menjadi Boros

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, jika indikator tekanan oli atau engine oil menyala, pasti ada permasalahan pada volume oli. Ada kemungkinan level oli berkurang atau tidak sesuai dengan standar.

Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGCSHUTTERSTOCK Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGC

“Saat indikator tersebut menyala, sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada level oli. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan melihatnya dari tongkat pengukur oli,” ujar Didi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Didi, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan oli mesin berkurang. Pertama, bisa karena terjadi kebocoran pada mesin. Kedua, oli ikut terbakar karena adanya ring piston yang mulai aus.

Baca juga: Ini Akibatnya jika Sembarangan Tambah Oli Mesin Kendaraan

“Ketika ring piston aus, bisa menyebabkan oli ikut terbakar saat mesin bekerja, kondisi ini tentu bisa mengurangi level olinya. Jadi kalau indikator menyala, pastikan dulu dilakukan pengecekan dan periksa jika ditemukan adanya kebocoran,” kata Didi.

Cek level oli secara berkala dengan melihatnya dari tongkat pengukur atau dipstick. Namun, cara ini lebih efektif dilakukan saat pagi hari atau dalam kondisi mesin masih dingin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.