Komunitas Mobil Pilih Kopdar secara Virtual

Kompas.com - 21/07/2020, 19:31 WIB
Ilustrasi kopdar Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI) di sebuah dealer Toyota GridOto.com/AdamIlustrasi kopdar Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI) di sebuah dealer Toyota

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa orang mulai beraktivitas seperti biasa dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) Transisi. Namun, beberapa komunitas mobil ada yang memilih untuk tetap menjaga jarak dan tidak bertatap muka secara langsung.

Salah satunya adalah komunitas mobil dari Innova Community yang sudah memiliki chapter di berbagai daerah. Komunitas ini lebih memilih untuk tetap mematuhi peraturan PSBB.

Baca juga: Komunitas Motor Mulai Kopdar dengan Protokol Kesehatan

Nugraha Reza, Ketua Umum Innova Community, mengatakan, dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) masih melarang kegiatan kopi darat (kopdar). Sebab, tingkat penyebaran virus corona masih tinggi.

Innova Community adakan kopdar akbar Sumatera 2018IC Innova Community adakan kopdar akbar Sumatera 2018

"Namun, karena new normal sudah berlaku dan banyak orang sudah bekerja, akhirnya chapter banyak yang mulai bikin kopdar terbatas dengan mengikuti protokol kesehatan," ujar Nugraha, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Nugraha menambahkan, untuk kegiatan yang berskala nasional masih ditunda. Innova Community juga rutin menggelar kopdar secara virtual setiap 2 minggu sekali.

Baca juga: Jaga jarak, Komunitas Motor Gelar Kopdar Online

Amantha, anggota komunitas mobil HRV Devotee Indonesia (HDI), mengatakan, dari masa awal PSBB pihaknya mengikuti pemerintah dengan melarang sementara kopdar dan bertemu secara langsung, terlebih lagi di tempat keramaian.

"Namun, ketika pemerintah menerapkan new normal, kami sempat melakukan kopdar secara langsung untuk pertama kalinya dengan peserta kopdar yang terbatas dan mematuhi semua protokol kesehatan yang dianjurkan," kata Amantha.

Amantha menambahkan, selama PSBB dan new normal, HDI beberapa kali menerapkan kopdar secara virtual sesama anggota dan juga dengan pihak Honda.

"Kami juga lebih menekankan untuk kopdar secara virtual," ujar Amantha.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X