Ini Model Sepatu yang Disarankan untuk Mengemudi

Kompas.com - 21/07/2020, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comMengemudi yang baik yaitu dengan menggunakan sepatu. Karena sepatu dapat melindungi kaki ketika terlibat kecelakaan, sehingga mengurangi risiko cedera. Model sepatu yang digunakan juga tidak sembarangan.

Training Director & Founder Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan, bentuk sepatu yang baik yaitu memiliki permukaan yang datar dan alas karet yang memanjang sampai ke bagian atas tumit.

“Fungsi dari karet yang memanjang yaitu agar kaki tidak licin saat berpindah dari pedal rem ke gas. Sehingga bagian tumit yang bertumpu tidak berpindah,” kata Jusri kepada Kompas.com, Selasa (21/7/2020).

Baca juga: Cara Mudah Bikin Mika Lampu Mobil Kinclong, Bisa Pakai Pasta Gigi

menyetir menggunakan sepatuKompas.com/Fathan Radityasani menyetir menggunakan sepatu

Selain sepatu model tadi, bisa juga menggunakan sneakers dengan sol karet. Model sneakers ini lebih cocok untuk penggunaan harian. Selain itu jika sol sepatunya tinggi atau tebal, tidak masalah selama bahan solnya dari karet.

“Ada saja kan sepatu kulit yang solnya keras, lalu alasnya seperti dari bahan plastik, ini yang sering licin saat dipakai mengemudi,” ucap Jusri.

Bagi wanita yang gemar mengemudi dengan memakai high heels, secara keselamatan, tidak direkomendasikan. Karena kestabilannya rentan, mudah goyang, sehingga keakurasian dan kekuatan saat menginjak pedal menjadi hilang.

Baca juga: Wuling Cortez CT Tipe S, Apa Bedanya dengan Tipe C dan L?

“Pada saat mau naik mobil, sebaikanya dicopot sepatu pesta atau kerjanya, kemudian diganti dengan sneakers agar lebih aman,” kata dia.

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan juga memiliki pendapat yang sama. Marcell mengatakan, ketika menyetir harus menggunakan model sepatu yang lentur dan memiliki grip yang baik.

“Model sepatu kets disarankan untuk dipakai ketika menyetir. Modelnya yang lentur dan memiliki grip yang baik ketika menekan pedal. Sepatu pantofel juga bisa, namun kurang fleksibel,” kata Marcell kepada Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.