Suzuki Recall Baleno akibat Fuel Pump, Bagaimana di Indonesia?

Kompas.com - 21/07/2020, 15:41 WIB
Suzuki Baleno Facelift Suzuki Baleno Facelift
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah fuel pump ternyata tak hanya menyerang deretan mobil keluaran Honda dan Mitsubishi Xpander, hatchback produksi Maruti Suzuki pun ikut terpapar masalah yang sama.

Dilansir dari Indiatoday, sebanyak 134.885 unit produk Baleno dan Wagon R yang dipasarkan di India terdampak recall fuel pump. Dari jumlah tersebut, 78.222 unit di antaranya adalah Baleno.

Lebih detail lagi, untuk unit yang terpapar masalah recall fuel pump merupakan Wagon R lansiran 15 November 2018 hingga 15 Oktober 2019. Sementara pada Baleno, untuk keluaran 8 Januari 2019 sampai 4 November 2019.

Baca juga: Belum Rampung, Daihatsu Masih Recall Gran Max dan Luxio

"Perusahaan akan melakukan 56.663 unit Wagon R dan 78.222 unit Baleno untuk mengetahui adanya kemungkinan masalah pada pompa bahan bakar. Bagian yang rusak akan diganti gratis," tulis pernyataan resmi Maruti Suzuki.

Suzuki Baleno facelift resmi meluncur di Indonesia Suzuki Baleno facelift resmi meluncur di Indonesia

Meski tak menjelaskan secara spesifik mengenai apa penyebab dan masalah yang dialami pada fuel pump, Maruti mengklaim bahwa jaringan dilernya akan segera menghubungi konsumen untuk memberikan informasi serta menyarankan untuk melakukan perbaikan.

Lalu, bagaimana dengan nasib Baleno Hatchback yang baru saja bersolek akhir tahun lalu di Indonesia, karena diketahui unitnya pun didatangkan dari India.

Menjawab hal ini, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra hanya mengatakan bahwa belum ada informasi terkait soal itu.

"Sampai sekarang tidak ada untuk yang dipasarkan di Indonesia," tulis Donny dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Selasa (21/7/2020).

Baca juga: Sebelum Indonesia, Honda Malaysia Sudah Umumkan Recall

Ilustrasi fuel pump Xpander yang bermasalahMMKSI Ilustrasi fuel pump Xpander yang bermasalah

Seperti diketahui, recall fuel pump di Indonesai mulai marak setelah Mitsubishi dan Nissan mengumumkan dua produk kembarannya mengalami masalah tersebut.

Beberapa waktu kemudian, giliran PT Honda Prospect Motor (HPM) yang juga menggelar kampanye perbaikan untuk 85.025 produknya yang lagi-lagi terjangkit masalah fuel pump.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X