Segmen Mobil Mewah, Penjualan BMW Kalahkan Mercedes-Benz

Kompas.com - 21/07/2020, 17:42 WIB
Mobil New BMW Seri 7 terlihat saat diluncurkan di Jakarta, Kamis (10/10/2019). BMW Seri 7 terbaru juga sudah dirakit lokal di pabrik BMW Production Network 2, Gaya Motor, Sunter, Jakarta. Mobil hadir dengan dua pilihan yakni The New BMW 740Li Opulence dan The New BMW 730Li M Sport. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGMobil New BMW Seri 7 terlihat saat diluncurkan di Jakarta, Kamis (10/10/2019). BMW Seri 7 terbaru juga sudah dirakit lokal di pabrik BMW Production Network 2, Gaya Motor, Sunter, Jakarta. Mobil hadir dengan dua pilihan yakni The New BMW 740Li Opulence dan The New BMW 730Li M Sport.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Group Indonesia berhasil memimpin pasar mobil mewah nasional pada enam bulan pertama tahun ini, mengalahkan rivalnya Mercedes-Benz.

Berdasarkan catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pabrikan asal Jerman itu berhasil mencatatkan total penjualan sebanyak 1.006 unit untuk wholesales (pabrik ke diler) dan 1.046 unit pada retail sales (diler ke konsumen).

Sementara Mercedes-Benz yang biasanya menguasai pasar mobil mewah di Indonesia hanya berhasil menorehkan total penjualan 784 unit di wholesales dan 833 unit pada retail sales-nya.

Baca juga: Penjualan Mobil Belum Normal tapi Mulai Membaik

Test Drive BMW Seri 3dok.BMW Indonesia Test Drive BMW Seri 3

Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu atau year-on-year (yoy), sebenarnya realisasi penjualan kedua merek sama-sama mengalami penurunan sebagai dampak dari pandemi virus corona alias Covid-19.

Namun, BMW Group yang terdiri atas BMW dan MINI mampu meminimalisir gejolak atau perlambatan yang terjadi dengan cara menyajikan program menarik, seperti peluncuran produk baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tercatat, total penurunan wholesales mereka ialah 23,44 persen sementara Mercedes-Benz anjlok 49,48 persen atau dari 1.552 unit dari tahun sebelumnya.

Adapun dari sisi penjualan retail, BMW dan MINI turun 20,4 persen atau dari 1.314 unit di Januari-Juni 2019, sedangkan rival terkuatnya tersebut merosot 48,1 persen.

Baca juga: Prediksi Penjualan Mobil Bekas Online di Era New Normal

Tes drive Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line YogyakartaSTANLY RAVEL Tes drive Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line Yogyakarta

Jodie O’Tania, Communication Director BMW Group Indonesia menyatakan bahwa pandemi membuat pihaknya semakin kreatif dalam merangsang daya beli masyarakat dan tetap optimal dalam melayani berbagai kebutuhannya.

"Salah satu upaya kami ialah meluncurkan produk baru meski dalam keterbatasan, yaitu secara virtual. Tanggapannya sangat positif," kata dia.

Kemudian di bawah persaingan dua produsen asal Jerman itu ada Lexus sdengan capaian penjualan 442 unit secara wholesales dan 423 unit pada retail-nya. Torehan itu diikuti oleh Volkswagen dan Hyundai.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X