Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Bakal Absen di Dua Seri MotoGP 2020

Kompas.com - 20/07/2020, 15:32 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

JEREZ, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez diprediksi akan absen hingga dua seri MotoGP 2020 karena cedera yang dialami usai kecelakaan di MotoGP Spanyol 2020, Minggu (19/7/2020).

Juara dunia tahun lalu tersebut mengalami kecelakaan di tikungan ketiga Sirkuit Jerez, Spanyol, saat balapan menyisakan empat lap lagi. Ia mengalami high side, membuat tubuhnya terguling beberapa kali dari aspal sampai area gravel atau pasir.

Marquez saat itu sedang berupaya mempersempit jarak dengan Maverick Vinales yang berada di posisi kedua.

Baca juga: Update Kondisi Marc Marquez, Tangannya Patah dan Harus Dioperasi

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, berada di depan pebalap Red Bull KTM, Pol Espargaro, pada seri MotoGP Valencia yang digelar di Sirkuit Comunitat Valenciana, 16 November 2018.AFP/DPPI VIA AFP/GIGI SOLDANO Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, berada di depan pebalap Red Bull KTM, Pol Espargaro, pada seri MotoGP Valencia yang digelar di Sirkuit Comunitat Valenciana, 16 November 2018.

Akibat dari insiden itu, Baby Alien dinyatakan mengalami cedera patah tulang lengan kanan bagian atas dan langsung dirawat di salah satu rumah sakit di Barcelona. Selanjutnya, ia bakal menjalani operasi lengan kanan pada Selasa (21/7/2020).

Belum ada kepastian dan keterangan resmi dari tim Honda atas nasib Marquez di MotoGP 2020. Termasuk di dalamnya, terkait masa pemulihan yang dibutuhkan agar dirinya bisa kembali balapan.

Namun dikutip dari Crash.net, Direktur Medis MotoGP Dr Charte memperkirakan Marquez baru bisa kembali paling lama pada gelaran MotoGP Austria, 16 Agustus 2020.

Demikian, Marquez akan absen pada dua seri yaitu MotoGP Andalusia yang dihelat pada 26 Juli 2020 dan MotoGP Republik Ceko di 9 Agustus 2020.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2020: Quartararo Memimpin, Marquez dan Rossi Tanpa Poin

 

"Besok, Dr Mir akan ke Barcelona untuk melakukan penanganan bedah humerus . Kami tidak bisa mengatakan dengan pasti apakah dia (Marquez) akan segera kembali di Brno (MotoGP Ceko) atau Austria (seri keempat)," ungkap Charte.

Sebelumnya Mir sempat mengungkapkan penyebab utama patah lengan kanan yang dialami Marquez saat kecelakaan di MotoGP Spanyol kemarin.

"Marc Marquez menderita cedera parah. Tampaknya, ini akibat benturan langsung dengan ban (depan) dengan lengan kanannya. Itu menyebabkan patah pada pangkal humerus, namun tidak sampai bergeser," ujar dokter spesialis trauma MotoGP tersebut.

"Ada kemungkinan terjadi paralisis di saraf, namun kami tidak terlalu yakin," lanjut Mir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com