Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingat Ganti Lampu Mobil Ada Aturannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik mobil terkadang memutuskan untuk mengganti atau melakukan modifikasi lampu agar terasa lebih keren. Sebagai contoh, memasang LED karena lampu utama atau headlamp sebelumnya masih menggunakan model biasa.

Namun, harus diketahui bahwa sebenarnya tidak boleh sembarang dalam mengganti lampu pada mobil. Kejadian terburuk, bisa menyebabkan hal yang fatal seperti terjadi korsleting hingga kebakaran.

Bagi pemilik kendaraan yang ingin melakukan ubahan agar lampu mobil menjadi keren, Service Head Auto2000 Bekasi, Sapta Agung Nugraha, menyarankan sebaiknya dilakukan di bengkel resmi atau spesialis lampu yang sudah terpercaya secara kualitas.

“Pemasangan aksesori elektronik tidak bisa sembarangan karena apabila salah wiring, bisa menyebabkan komputer pada mobil mengalami malfungsi. Aki pun menjadi drop bahkan beberapa sensor menjadi malfungsi,” ujar Sapta saat dihubungi Kompas.com.

Selain itu, pemilik mobil juga bisa melakukan konsultasi pada orang yang tepat atau ahli dalam hal modifikasi lampu, agar tidak terjadi kesalahan fatal yang dapat merugikan diri sendiri.

“Kalau konsultasi ke mekanik kami (Auto2000) juga bisa karena mereka memiliki pengetahuan yang cukup tinggi untuk urusan mobil,” kata Sapta.

Jadi, menurut Sapta, apabila ingin mengganti lampu sebaiknya pertimbangkan lagi dan pastikan tempat atau bengkelnya punya rekam jejak atau kualitas bagus dalam hal modifikasi lampu mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/20/194149915/ingat-ganti-lampu-mobil-ada-aturannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke