Modifikasi Motor Sendiri, Ini Aturan Mainnya

Kompas.com - 19/07/2020, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini tidak sedikit konsumen otomotif yang memilih untuk memodifikasi sepeda motor mereka dengan tujuan menambah nilai estetika kendaraannya. Terlebih lagi jika ubahan yang dilakukan bisa mempengaruhi perfoma motor.

Tetap mempertahankan fungsi utama sepeda motor sebagai alat transportasi harian sembari melakukan modifikasi hal yang mungkin saja dilakukan.

Asalkan, pengendara memiliki pemahaman mengenai komponen dan tidak menghilangkan sejumlah fungsi perangkat motor sesuai dengan peraturan lalu lintas yang berlaku.

Baca juga: Hasil Kualifikasi Moto2 Jerez, Andi Gilang Alami Peningkatan

Owner Dj Custom, Deddy Dermawanto, mengatakan, kalau ingin melakukan modifikasi pada kendaraan yang digunakan untuk harian sebaiknya jangan terlalu ekstrim terutama bagi mereka yang melakukan modifikasi sendiri.

“Apalagi jika belum ahlinya, jangan terlalu banyak main di rangka. Karena harus tahu konstruksinya, harus tahu titik kuat untuk boncengan, keseimbangannya. Harus bisa ukurnya lagi,” ujar Deddy saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (18/7/2020).

Pilihan knalpot racing Honda ADV 150 di IIMS Motobike Expo 2019Kompas.com/Donny Pilihan knalpot racing Honda ADV 150 di IIMS Motobike Expo 2019

Deddy melanjutkan, kalau ubahan pada kendaraan hanya dilakukan sebatas ganti ban, pelek, knalpot, sampai mengganti bodi masih diperbolehkan.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Jerez, Fabio Quartararo Amankan Pole Position

“Ganti pelek juga tidak bisa sembarang dilakukan, karena berpengaruh pada centre gear, centre cakram, braket-braket kaliper dan sebagainya,” katanya.

Jika pemilik kendaraan ingin melakukan modifikasi yang lebih jauh, Deddy menyarankan sebaiknya menyediakan satu unit motor yang memang dikhususkan untuk menyalurkan hobi tesebut.

“Serta harus didampingi oleh mentor, jangan otodidak. Sebab, modifikasi ekstrim sendiri kerap mengorbankan sisi fungsionalitas sepeda motor demi estetika,” katanya.

Modifikasi yang dilakukan, sebaiknya tetap memperhatikan sisi kenyamanan dan keamanan si pengendara.

Jangan sampai, komponen modifikasi tersebut membuat pengendara hilang konsentrasi yang bisa berujung pada insiden kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.