Trik Melawati Turunan Curam Pakai Skutik

Kompas.com - 19/07/2020, 15:41 WIB
Ilustrasi motor Otomania/Setyo AdiIlustrasi motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Skuter matik ( skutik) sudah menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian. Cara memakainya yang mudah dan praktis menjadikan skutik sebagai kendaraan sehari-hari, bahkan digunakan ke luar kota.

Ketika melewati jalan luar kota, tidak jarang bertemu dengan kondisi jalan dengan turunan terjal. Jika memakai model motor lain, bisa manfaatkan engine brake sebagai pembantu rem. Namun skutik tidak memiliki gigi dan cenderung meluncur saat di turunan.

Bagi pemilik skutik, jangan khawatir ketika melewati turunan curam, motor jadi sulit dikendalikan karena meluncur. Ada trik yang bisa dilakukan pengendara skutik agar ada efek engine brake pada motornya.

Baca juga: Makna di Balik Nama Maung Pindad yang Pernah Dijajal Prabowo

Ilustrasi motor matikStanly/Otomania Ilustrasi motor matik

“Triknya, usahakan agar mesin tetap dalam keadaan menyala, tuas gas jangan sampai ditutup sampai habis,” ucap Head of Safety Riding Wahana, Agus Sani kepada Kompas.com, Sabtu (18/7/2020).

Tuas gas yang sedikit terbuka akan membuat mesin berada pada putaran yang rendah, sehingga bisa menahan laju kendaraan.

Baca juga: Mazda Luncurkan Bongo, Kembaran Daihatsu Gran Max tetapi Lebih Canggih

“Usahakan gasnya jangan sampai los saja saat turunan, namun tetap dibantu rem depan dan belakang secara bersamaan sehingga motor tidak tambah cepat,” kata Agus.

Menambah adanya engine brake saat melawati turunan, bisa membantu kinerja rem agar tidak terlalu berat. Rem yang terlalu panas, kinerjanya bisa berkurang, bahkan paling parah bisa sampai blong.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X