Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Ngecas Ponsel di Power Output Mobil

Kompas.com - 19/07/2020, 08:56 WIB
Ilustrasi Charge Handphone di Mobil KOMPAS.com/RulyIlustrasi Charge Handphone di Mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur pengisian baterai handphone di power output menjadi fasilitas yang tersedia hampir di setiap kendaraan roda empat.

Tak hanya mobil keluaran terbaru, kendaraan roda empat yang sudah lama pun kadang dimodifikasi sehingga bisa ditambahkan fitur tersebut.

Fasilitas ini memang terkadang sangat dibutuhkan oleh para pemilik mobil. Mengingat, baterai gawai bisa saja sewaktu-waktu habis saat seharian digunakan.

Baca juga: Alasan Kenapa Wiper Tak Boleh Dinyalakan Saat Kondisi Kering

Pengisian baterai ponsel melalui power output mobil memang cukup membantu. Tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pengisian baterai HP di dalam mobil.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, pengisian baterai gawai menggunakan output di mobil tidak akan menimbulkan masalah.

Dengan catatan listrik yang digunakan untuk pengisian tersebut sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan untuk mengisi baterai HP.

Salah satu contoh charger handphone yang bisa digunakan di dalam mobil.Aditya Maulana, KompasOtomotif Salah satu contoh charger handphone yang bisa digunakan di dalam mobil.

“Hanya yang perlu diperhatikan sekali terkait adaptornya tidak boleh renggang atau goyang,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Jika hal itu terjadi, Bambang menambahkan, bisa saja menyebabkan terjadinya korsleting listrik pada mobil. Lebih parahnya, kejadian ini bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.

Baca juga: Koleksi Motor, Jokowi Diharapkan Dukung Legalitas Custom

“(Kalau goyang) dapat mengakibatkan short circuit atau korsleting listrik, bisa terjadi intermitten listrik (memercikkan api) yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran,” katanya.

Menurutnya, kejadian kebakaran mobil yang diakibatkan karena adaptor yang tidak kencang sudah beberapa kali terjadi.

Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tibatrofire.com Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tiba

Maka dari itu, Bambang pun menyarankan, kepada para pemilik mobil yang mempunyai fitur pengisian baterai agar lebih memperhatikan bagian adapternya.

Baca juga: IMI Dorong Pemerintah Legalkan Motor Custom

Jika memang adapternya goyang atau tidak bisa kencang sebaiknya tidak lagi digunakan. Daripada, nantinya bisa berakibat lebih fatal dan menanggung kerugian yang lebih besar karena mobil menjadi terbakar.

“Iya mas (kebakaran), ada beberapa kasus (mobil) terbakar karena charger connector tersebut,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X