Bedah Spesifikasi Lengkap Kawasaki Ninja 250 4-Silinder alias ZX-25R

Kompas.com - 10/07/2020, 16:20 WIB
Ninja ZX-25R Kompas.com/DonnyNinja ZX-25R

JAKARTA, KOMPAS.com - Lama dinantikan, akhirnya Kawasaki resmi meluncurkan produk terbarunya yang banyak dinanti pencinta roda dua di seluruh dunia. Tentunya, banyak yang penasaran dengan spesifikasi lengkap dari Ninja 250 4-silinder alias ZX-25R.

Sejak awal kemunculannya di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 di Jepang, Kawasaki memang tidak pernah memperlihatkan spesifikasi lengkap motor sport tersebut. Data tersebut juga berhasil disimpan hingga waktu peluncurannya.

Baca juga: Kawasaki Mulai Buka Pemesanan Ninja ZX-25R

Berbeda dengan ZXR-250, pada Ninja ZX-25R menggunakan rangka trellis dari baja. Memang bobotnya cukup berat, tapi rangka ini diklaim menawarkan manuver, baik berkendara di dalam kota dan atau di sirkuit.

Ninja ZX-25RKompas.com/Donny Ninja ZX-25R

Michael Chandra Tanadhi, Deputy Head Sales & Promotion Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), menyebutkan, komponen utama rangka motor ini terinspirasi dari ajang World Superbike (WSBK). Perhatian lebih diberikan untuk mencapai keseimbangan yang sempurna pada Ninja ZX-25R.

"Sebagai hasilnya, handling Ninja ZX-25R mirip dengan Ninja ZX-10R dan Ninja ZX-6R ketika memasuki tikungan. Ketika berkendara melalui tikungan, ketenangan tingkat tinggi dan feedback yang baik dapat memberi pengendara rasa terhubung dengan lintasan dan memberi rasa percaya diri untuk mengeksplorasi batas berkendara," ujar Michael, dalam presentasinya, Jumat (10/7/2020).

Baca juga: Alasan Kawasaki Akhirnya Merilis Ninja 250 4-Silinder Secara Virtual

Bagian lain yang menarik perhatian adalah suspensi depannya yang sudah menggunakan model upside down. Kawasaki menyebutnya dengan SFF-BP (Separate Function Fork - Big Piston).

"Ninja ZX-25R menggunakan suspensi depan upside down dengan diameter 37 mm dan menggunakan teknologi SFF-BP untuk penggunaan harian dan menawarkan performa di sirkuit," kata Michael.

Ninja ZX-25RKompas.com/Donny Ninja ZX-25R

Sedangkan untuk suspensi belakangnya, posisinya terlihat berbeda dari motor sport pada umumnya. Monoshock yang digunakan model Horizontal Back-link dan dihubungkan pada swingarm khas motor gede (moge), yakni model gull-arm atau biasa disebut swingarm banana.

Ninja ZX-25RKompas.com/Donny Ninja ZX-25R

"Suspensi ini menawarkan karakter progresif yang berkontribusi pada handling motor supersport, dan merupakan debut pertama di kelas 250 cc dan mirip dengan Ninja ZX-10R," ujar Michael.

Ninja ZX-25RKompas.com/Donny Ninja ZX-25R

Masih di seputaran kaki-kaki, untuk sistem pengeremannya, Kawasaki menyematkan disc brake depan dengan diameter yang besar, yakni 310 mm. Kaliper depannya menggunakan model radial-mount monoblock. Sedangkan untuk disc brake belakang, diameternya 220 mm.

Baca juga: Pilihan Motor Sport 150cc di Bursa Lelang, Ninja 150R Mulai Rp 6 Jutaan

Ninja ZX-25RKompas.com/Donny Ninja ZX-25R

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.