Bagaimana Impresi Berkendara Toyota C-HR Hybrid?

Kompas.com - 05/07/2020, 16:22 WIB
Test Drive Toyota C-HR Hybrid Kompas.com/Setyo AdiTest Drive Toyota C-HR Hybrid
|

JAKARTA, KOMPAS.comToyota C-HR Hybrid bisa dibilang merupakan mobil hybrid paling terjangkau yang saat ini dipasarkan di Indonesia. Dibandingkan Corolla Altis Hybrid yang dipasarkan Rp 586,2 juta, mobil ini masih lebih murah Rp 40 jutaan.

Di atas kertas, C-HR Hybrid mengusung mesin 2ZR-FXE 1.800 cc bertenaga 100 ps dan torsi 142 Nm, serta motor listrik 36 ps. Sementara C-HR model biasa menggunakan unit 2ZR-FE 1.800 cc yang menghasilkan 141 ps dan torsi 170 Nm.

Meski jadi yang paling murah, C-HR Hybrid tetap menawarkan rasa berkendara khas mobil ramah lingkungan, yang halus dan minim suara.

Baca juga: Motor Masih Nyicil Hilang Dicuri Maling, Apa yang Harus Dilakukan?

Test Drive Toyota C-HR HybridKompas.com/Setyo Adi Test Drive Toyota C-HR Hybrid

Apalagi saat baterai berada dalam kondisi penuh, maka secara otomatis mobil akan melaju dengan mode EV (Electric Vehicle).

Suara yang dihasilkan benar-benar hening. Hanya ada suara embusan AC, putaran motor listrik yang begitu halus, dan suara bising dari roda.

Teknologi hybrid yang diusung mobil ini terbilang sudah semakin cerdas berkat Hybrid Synergy Drive generasi kedua, yang sama dengan kepunyaan Camry Hybrid.

Baca juga: Diambil Alih Pemerintah Pusat, Terminal Bus Bakal Punya Mal dan Hotel

Test Drive Toyota C-HR HybridKompas.com/Dio Test Drive Toyota C-HR Hybrid

Jadi cara kerjanya pun terbilang mirip, ketika baterai penuh, maka mobil akan berjalan memanfaatkan motor listrik yang tenaganya bersumber dari baterai.

Namun jika kondisi baterai sudah sedikit, mesin akan aktif untuk menggerakkan mobil sekaligus sebagai generator pengisi baterai.

Anda pun tak perlu bingung-bingung mengatur kerjanya, sebab semua sudah diatur secara otomatis. Bahkan saking halusnya, Anda tak akan menyadari saat mesin mulai aktif. Semuanya berpindah secara hening tanpa perbedaan berarti.

Baca juga: Begini Wujud Nissan Magnite, SUV Baru Calon Pesaing Rocky dan Raize

Test Drive Toyota C-HR HybridKompas.com/Setyo Adi Test Drive Toyota C-HR Hybrid

Walaupun tak ada daya tarik dari suaranya, C-HR Hybrid tetap menyenangkan dikemudikan. Salah satunya karena sistem transmisi CVT yang terasa lebih instan. Transmisi C-HR Hybrid bisa memberikan akselerasi lebih spontan tanpa raungan berlebih.

Selain itu juga karena mode berkendara Eco, Normal, dan Sporty yang akan mengatur sensitifitas pedal gas terhadap akselerasi mobil.Sayangnya fitur ini agak tersembunyi, sehingga kurang praktis saat digunakan.

Soal bantingan suspensi, C-HR Hybrid tergolong pas, tidak keras dan tidak begitu empuk saat dikemudikan sendiri.

Suspensi double wishbone di depan dan independen di belakang memberikan performa yang baik, terutama saat dibawa melaju dengan kecepatan tinggi di jalan tol.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X