Ingat, Ban Cadangan Mobil Juga Perlu Dirawat

Kompas.com - 05/07/2020, 07:42 WIB
ban mobil baru Kompas.com/Fathan Radityasaniban mobil baru
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban cadangan memang hanya digunakan disaat tertentu atau darurat saja. Meski jarang digunakan, bukan berarti keberadaannya yang tersembunyi di bagasi ini bisa diabaikan begitu saja.

Ban serep juga membutuhkan perawatan agar sewaktu-waktu digunakan kondisinya masih layak dan kondisi udara di dalam ban juga masih terjaga.

Aftersales Support PT Astra International – PEUGEOT Samsudin mengatakan, jika ban cadangan memang jarang mengaspal karena tidak digunakan untuk harian.

Tetapi, kondisi ban serep juga harus dijaga dan dicek kondisinya agar jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa langsung digunakan.

Baca juga: Kondisi Ojol di Tengah Pandemi dan Larangan Bawa Penumpang

Samsudin pun memberikan beberapa tips dalam melakukan perawatan ban cadangan di antaranya adalah menjauhkan penggunaan cairan pengkilap.

ilustrasi semir bannoblerate.com ilustrasi semir ban

“Saat disimpan, pastikan kondisi ban cadangan normal. Jangan gunakan cairan pengkilap karena akan mempengaruhi kualitas ban yang jarang dipakai,” ujar Samsudin kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Samsudin menyarankan, untuk perawatan ban serep agar menghindari penggunaan zat kimia untuk sekadar kosmetik belaka.

Menurutnya, penggunaan bahan-bahan kimia untuk ban justru akan berdampak pada kondisi karet serta peleknya.

“Jika ban kotor, cukup dilap menggunakan kain lap kering. Hal ini karena jika menggunakan kain lap basah, air bekas lap sangat mungkin mengendap,” ucapnya.

Baca juga: Menengok Bus Gatotkaca yang Digunakan untuk Rapat Saat New Normal

Jika hal ini terjadi, Samsudin mengatakan, berpotensi menimbulkan karat pada pelek ban serep yang rata-rata gunakan pelat atau besi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X