Ban Cadangan Bentuknya Lebih Kecil, Ini Alasannya

Kompas.com - 05/07/2020, 07:02 WIB
Ban Serep Foto: PeugeotBan Serep
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melihat bentuk dan ukuran ban cadangan jenis temporary saat dipasang pada mobil mungkin terlihat agak aneh.

Selain bentuknya yang lebih mungil, ukuran tapannya pun lebih tipis atau lebih hanya separuh dari ban aslinya.

Meski memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan ban aslinya, ban cadangan tersebut tetap aman digunakan.

Dengan catatan tidak menggunakannya melebihi batas kecepatan yang diperbolehkan, yakni 80 kilometer per jam.

Ukuran ban cadangan tersebut ternyata tidak sekadar dibuat lebih kecil saja. Lebih dari itu ada tujuan lain kenapa ban serep itu dibikin sedemikian rupa.

Baca juga: Kondisi Ojol di Tengah Pandemi dan Larangan Bawa Penumpang

Ban serepFoto: Peugeot Ban serep

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi menjelaskan, bahwa tujuan ban cadangan dibuat lebih kecil tidak lain agar hemat tempat saat disimpan di bagasi mobil.

“Biasanya ban cadangan lebih tipis dari ground tire atau ban yang biasa digunakan. Salah satunya untuk menghemat ruang penyimpanan,” ujar Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Dengan bentuk atau ukuran yang lebih kecil, Didi menambahkan, otomatis ruangan yang dibutuhkan untuk penyimpanan juga tidak terlalu besar.

“Selain itu, ban cadangan atau temporary tire dibuat lebih kecil agar tidak dipakai untuk harian melainkan hanya dipakai sampai ke tukang tambal ban saja,” ucapnya.

Baca juga: Menengok Bus Gatotkaca yang Digunakan untuk Rapat Saat New Normal

Ban cadangan tersebut hanya digunakan saat kondisi darurat saja dan tidak disarankan dipakai untuk harian.

Mengingat, fungsi dari ban serep itu hanya sebagai pengganti saat mendesak saja atau ban mengalami kebocoran atau pecah.

Ilustrasi ban cadangan.VW MOTORTREND Ilustrasi ban cadangan.

“Ban cadangan tidak bisa dipakai untuk harian, bentuk tapaknya juga lebih tipis. Pada ban juga tertulis kecepatan maksimal dari ban cadangan tersebut hanya 80 kilometer per jam,” tuturnya.

Baca juga: Ojol Boleh Bawa Penumpang Lagi, Pendapatan Driver Berangsur Normal

Didi juga mengatakan, tidak semua mobil menggunakan ban cadangan jenis temporary ini. Hanya mobil yang memiliki ruang penyimpanan terbatas saja yang biasanya menggunakan ban jenis ini.

“Tidak semua (mobil terbaru) tergantung dari desain tiap mobil. Beberapa mobil yang sudah menggunakan temporary tire seperti voxy, Alphard, Sienta karena mengingat bagasi penyimpanannya memang terbatas,” katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X