Apakah Bisa Memasang Ban Bias dan Radial pada Kendaraan yang Sama?

Kompas.com - 23/06/2020, 10:22 WIB
Truk penuh muatan parkir di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Babel, Senin (22/6/2020). KOMPAS.com/HERU DAHNURTruk penuh muatan parkir di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Babel, Senin (22/6/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban merupakan pengeluaran terbesar ke dua setelah bahan bakar pada operasional kendaraan niaga. Oleh karena itu, kendaraan niaga harus memilih formula yang tepat agar hemat dalam pemakaian ban.

Pada umumnya, ban untuk kendaraan niaga memiliki dua jenis konstruksi, bias dan radial. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lalu apakah bisa menggunakan dua jenis ban tersebut dalam satu kendaraan?

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal mengatakan, pada satu kendaraan boleh saja menggunakan dua jenis ban yang berbeda, selama tidak dalam satu poros.

Baca juga: Mitsubishi Indonesia Recall Ratusan Ribu Unit Xpander, Apa Masalahnya?

Ilustrasi menyalip truk Foto: Quora Ilustrasi menyalip truk

“Misalnya untuk ban depan pakai bias dan belakang radial, dengan ukuran, load index, speed index yang sama atau mendekati. Kemudian ban dengan performa yang lebih tinggi, dipasang di belakang,” kata Zulpata kepada Kompas.com, Senin (22/6/2020).

Alasan mengapa ban bias dan radial tidak boleh satu poros yaitu perihal handling dan respon antara kiri dan kanan tidak akan sama dan berat setir juga bisa berbeda. Hal ini berlaku jika dipasang pada bagian depan atau belakang.

“Kalau satu poros roda konstruksi bannya berbeda, ibarat sedang menyetir dengan tekanan udara yang berbeda antara kanan dan kiri. Jika dipasang di belakang juga berpengaruh pada kestabilan kendaraan. Minimal setir terasa narik ke satu sisi,” ucap Zulpata.

Baca juga: Yamaha Indonesia Santuy Tanggapi Penjiplak Nmax

Wakil ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dan Independent Tire Analyst, Bambang Widjanarko mengatakan, kedua ban memiliki karakter yang berbeda. Radial lentur sedangkan bias lebih kaku.

Ban radial kan defleksi terus, sedangkan yang bias kaku. Kalau dipakai pada satu axle, tidak akan seimbang dan bisa pengaruh ke kenyamanan berkendaranya, rolling circumference nya berbeda,” ucap Bambang kepada Kompas.com.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X