Begini Ciri-ciri Kerusakan Pompa Bensin Mitsubishi Xpander

Kompas.com - 23/06/2020, 08:02 WIB
Tes drive Mitsubishi Xpander Tes drive Mitsubishi Xpander

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah Filipina dan Vietnam, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya mengumumkan recall atau kampanye perbaikan Xpander. Low MPV ini mengalami masalah pada fuel pump atau pompa bensin yang membuat mesin tidak bekerja.

Eiichiro Hamazaki, Director of After Sales Service PT MMKSI, dalam keterangan resminya (22/6/2020) mengatakan, masalah ini terjadi pada Xpander lansiran 11 Oktober 2017 hingga 31 Agustus 2019.

Menurutnya pemilik Xpander yang tidak mengalami masalah, ada baiknya juga melakukan pengecekan ke bengkel resmi. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Baca juga: Mitsubishi Indonesia Recall Ratusan Ribu Unit Xpander, Apa Masalahnya?

Mitsubishi Xpander versi Filipina.FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Mitsubishi Xpander versi Filipina.

“Indikasinya ialah ketika fuel pump di dalam tangki berhenti beroperasi, yang berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja,” ujar Hamazaki.

Sementara itu, Ketua Umum Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) Dani Bastian, mengatakan, salah satu ciri pompa bensin Xpander bermasalah, yaitu mesin yang mati secara mendadak padahal sistem kelistrikan berfungsi normal.

“Setelah mati tidak bisa langsung hidup. Jadi kebanyakan mobil tiba-tiba berhenti, kemudian tidak bisa distarter,” ujar Dani, kepada Kompas.com (22/6/2020).

 Baca juga: Yamaha Indonesia Santuy Tanggapi Penjiplak Nmax

 

Komparasi BBM rute Trans Jawa menggunakan 2 unit Mitsubishi Xpander ATKompasOtomotif - Setyo Adi Komparasi BBM rute Trans Jawa menggunakan 2 unit Mitsubishi Xpander AT

Menurut Dani, matinya mesin Xpander yang bermasalah pada pompa bensin kebanyakan terjadi saat mobil dalam keadaan statis.

“Ada beberapa kasus yang tiba-tiba mati saat dikendarai. Tapi paling banyak mobil mati saat keadaan diam, misal pagi-pagi mau starter tapi tidak nyala. Ada yang lagi di SPBU, selesai isi bensin tiba-tiba mobil tidak nyala,” katanya.

“Tapi sebetulnya setelah kita cek, setelah mobil mengalami gejala tersebut dan didiamkan, dia nyala lagi. Jadi enggak selalu muncul masalahnya,” ucap Dani.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X