Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Indonesia Recall Ratusan Ribu Unit Xpander, Apa Masalahnya?

Kompas.com - 22/06/2020, 10:40 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan kampanye perbaikan atau recall untuk Xpander. Total ada 139.111 unit Xpander produksi 2017 hingga 2019 yang akan ditarik.

Berdasarkan investigasi yang dilakukan, recall dilakukan akibat adanya temuan masalah pada fuel pump di dalam tangki yang dapat berhenti beroperasi. Dampaknya bisa membuat mesin tidak bisa bekerja atau dinyalakan.

Adapun penyebabnya dimungkinkan akibat impeller yang memuai dan berubah bentuk. Setelah itu, bergesekan dengan bagian lain di sekitarnya sehingga impeller tersebut berhenti berputar.

Baca juga: Mitsubishi dan Suzuki Salip Penjualan Toyota pada Mei 2020

Proses perbaikan dilakukan untuk melakukan pemeriksaan pada label modul fuel pump Xpander dan melakukan pergantian unit fuel pump dengan yang sudah disempurnakan.

Ilustrasi fuel pump Xpander yang bermasalahMMKSI Ilustrasi fuel pump Xpander yang bermasalah

Estimasi pelaksanaan pemeriksaan sekitar satu jam per unit, sedangkan untuk proses pemeriksaan dan perbaikannya diperkirakan memakan waktu sekitar dua jam per unitnya.

President Director of MMKSI Naoya Nakamura mengatakan, Xpander merupakan model yang sangat penting dan adanya program kampanye perbaikan merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan.

"Kami mengundang konsumen setia Mitsubishi Xpander untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya dengan prosedur yang mudah dan tanpa biaya," ucap Nakamura dalam keterangan resminya, Senin (22/6/2020).

Baca juga: Bukan Karena Status, Ini Alasan Daihatsu Tak Mampu Lampaui Toyota

Varian baru Mitsubishi Xpander muncul di BandungMMKSI Varian baru Mitsubishi Xpander muncul di Bandung

Untuk prosedur perbaikan, MMKSI melalui jaringan diler akan mengirimkan kampanye perbaikan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat. Perbaikan dimulai pada 22 Juni 2020 di semua diler kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia.

Konsumen pun tak perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti kampanye perbaikan ini dan dapat berpartisipasi dengan dua metode, yaitu sebagai berikut:

- Datang ke diler resmi

Konsumen terkait dapat datang ke diler resmi Mitsubishi Motors untuk melaksanakan pemeriksaan pada kendaraannya, dan bila ID produk fuel pump sesuai dengan daftar mobil terlibat di program ini maka konsumen akan mendapatkan penggantian part fuel pump yang sudah disempurnakan.

Untuk memudahkan pelaksanaan kampanye perbaikan, konsumen dapat mengatur jadwal pemeriksaan dengan memanfaatkan fasilitas service booking melalui Mitsubishi Motors Customer Care maupun aplikasi My Mitsubishi ID.

Baca juga: Stok Menipis, Daihatsu Harap Ada Relaksasi Protokol Produksi

Servis di bengkel resmi Mitsubishi, Mitsubishi Mirage menanti.KTB Servis di bengkel resmi Mitsubishi, Mitsubishi Mirage menanti.

- Fasilitas Home Service

Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada situasi pandemi, konsumen dapat melaksanakan kampanye perbaikan ini dengan memanfaatkan layanan Home Service, di mana pelaksanaan kampanye perbaikan dilakukan di rumah konsumen sebagai pilihan tambahan dari opsi datang langsung ke diler.

Bila ID produk fuel pump sesuai dengan daftar mobil terlibat di program ini maka konsumen akan mendapatkan penggantian part fuel pump yang sudah disempurnakan. Konsumen dapat mengatur jadwal pemeriksaan dengan memanfaatkan fasilitas service booking melalui Mitsubishi Motors Customer Care ataupun aplikasi My Mitsubishi ID.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com