Ingat, Spion Bukan Tempat Menaruh Helm Motor

Kompas.com - 23/06/2020, 09:42 WIB
Kebiasaan meletakkan helm di spion bisa merusak kaca spion dan juga helm itu sendiri. Ari PurnomoKebiasaan meletakkan helm di spion bisa merusak kaca spion dan juga helm itu sendiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepele, tapi kerap diabaikan. Begitulah salah satu kebiasaan pengendara sepeda motor yang kerap menaruh helm pada spion ketika kendaraan lagi parkir atau berhenti.

Padahal, kebiasaan ini punya dampak buruk dan masih banyak pengendara motor yang belum paham. Ingat, spion bukanlah tempat yang tepat untuk menaruh helm.

Pabrikan motor biasanya sudah menyediakan tempat tersendiri untuk meletakkan helm, misal di gantungan barang, atau di dalam bagasi.

Namun, karena dianggap lebih mudah dan simpel atau tidak ribet membuat para pengendara lebih memilih untuk meletakkan helmnya pada spion dan abai akan dampak buruk yang bisa ditimbulkan.

Baca juga: Kendaraan Istirahat Selama Pandemi, Waspada Mesin Alami Kondensasi

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, menegaskan, spion bukan tempat untuk meletakkan helm. Melainkan untuk mengetahui posisi kendaraan lain yang ada di belakang ketika di jalan raya.

Meletakkan helm jangan di spion, helm bisa diletakkan pada gantungan barang di kendaraan. Ari Purnomo Meletakkan helm jangan di spion, helm bisa diletakkan pada gantungan barang di kendaraan.

“Jika kebiasaan ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama bisa merusak kaca spion itu sendiri, spion bisa kendur atau bahkan lepas,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, Senin (22/6/2020).

Alasannya, disebabkan karena beban helm yang berat sehingga membuat kaca spion tidak kuat untuk menahannya. Selain itu, menurut Ribut, meletakkannya di spion juga bisa membuat helm mudah terjatuh.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Spion di Kap Mesin

“Jika itu terjadi bukan tidak mungkin helm akan mengalami kerusakan, bahkan menaruh di spion saja sudah bisa membuat busa di dalamnya cepat rusak,” katanya.

Ribut menyarankan, agar helm diletakkan di tempat-tempat yang sudah disediakan. Pabrikan sudah menyiapkan tempat yang tepat untuk meletakkan helm agar lebih aman.

“Seperti kalau motor matik dan bebek di bawah jok bagian depan, dan sport di bagian belakang. Atau bisa juga di gantung di bagian gantungan tempat barang,” ucap Ribut.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X