Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susul Xpander, Nissan Juga Recall 9.000 Unit Livina di Indonesia

Kompas.com - 22/06/2020, 11:13 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengumumkan penarikan kembali atau recall terhadap 9.314 unit Nissan Livina produksi 22 Februari 2019 hingga 24 Agustus 2019 di Indonesia.

Melalui keterangan tertulis, kampanye perbaikan ini akibat adanya temuan masalah pada bagian pompa bensin (fuel pump) di dalam tangki yang bisa berhenti berkerja sehingga mesin tak bisa dinyalakan.

Kemungkinan besar, penyebabnya ialah impeller yang memuai dan berubah bentuk. Setelah itu, bergesekkan dengan bagian lain di sekitarnya sehingga impeller tadi berhenti berputar.

Baca juga: Mitsubishi Indonesia Recall Ratusan Ribu Unit Xpander, Apa Masalahnya?

Tes perdana All New Nissan Livina di Banda AcehKompas.com/Setyo Adi Tes perdana All New Nissan Livina di Banda Aceh

"Nissan akan menghubungi pemilik kendaraan yang terdampak mulai hari ini, agar pelanggan bisa segera melakukan pemeriksaan dan pergantian di seluruh diler resmi Nissan. Ini tanpa dipungut biaya," ujar General Manager Communication NMI, Hana Maharani, Senin (22/6/2020).

Bagi pemilik mobil Nissan juga dapat mengunjungi www.nissan.co.id untuk mengecek apakah kendaraan miliknya terdampak atau tidak.

Baca juga: Nissan Memastikan Komitmen Bertahan di Indonesia

All New Nissan LivinaKOMPAS.com / Aditya Maulana All New Nissan Livina

Di waktu yang bersamaan, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga melakukan recall terhadap 139.111 unit Mitsubishi Xpander yang diproduksi antara 2017 hingga 2019.

Punya platform yang sama, penarikan kembali disebabkan permasalahan serupa, yakni gejala di fuel pump.

Adapun estimasi pelaksanaan pemeriksaannya sekitar satu jam per unit, sementara untuk proses pemeriksaan dan perbaikannya sendiri, diperkirakan memakan waktu sekitar dua jam per unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com