Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah SPKLU PLN Mencapai 1.582 Unit pada Juli 2024

Kompas.com - 23/07/2024, 16:41 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – PLN terus memasifkan kehadiran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), dan layanan Home Charging Services yang terintegrasi PLN Mobile.

Selama periode 2021-2024, PLN telah meningkatkan 5,6 kali lipat jumlah SPKLU menjadi 1.582 unit,. Kemudian, jumlah home charging services meningkat 130 kali lipat menjadi 14.524 unit.

PLN juga berhasil meningkatkan 1,2 kali lipat jumlah SPLU menjadi 9.956 unit, dan 8 kali lipat SPBKLU atau sebanyak 2.182 unit.

Baca juga: Modifikasi Wuling Air EV Biru Pastel, Terinspirasi dari Tamiya

Fasilitas pengisian daya Voltron Ultra Fast Charging DC 100 kW ini berlokasi di Area GF ? P1 Lot B23 mal Living World Alam Sutera.Dok. Voltron Fasilitas pengisian daya Voltron Ultra Fast Charging DC 100 kW ini berlokasi di Area GF ? P1 Lot B23 mal Living World Alam Sutera.

Untuk keberadaan 1.582 SPKLU merupakan kolaborasi PLN bersama 27 mitra yang tersebar di 1.131 lokasi seluruh Indonesia. Dengan rincian, 990 SPKLU milik PLN dan 592 SKLU milik mitra.

Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti mengatakan, PLN terus membuka diri berkolaborasi dengan semua pihak untuk pengembangan SPKLU di lokasi lainnya.

"Karena juga butuh kolaborasi dengan semua stakeholder misalnya pemilik hotel, kemudian tempat-tempat parkir di kantor-kantor, mall-mall, kita siap berkolaborasi,” ujar Edi, dalam keterangan resmi (22/7/2024).

Baca juga: Pabrik Subaru di Thailand Tutup, Bakal Relokasi ke Indonesia?

"Kita siapkan charging-charging di tempat strategis yang memudahkan pengguna untuk nge- charge," kata dia.

Selain itu, pada 2024 ini, PLN juga berinisiatif untuk memanfaatkan tiang listrik sebagai media SPKLU atau yang dikenal SPKLU Tiang dengan jumlah 1.000 unit.

Selain infrastruktur fisik, pada fitur EV di aplikasi PLN Mobile pengguna kendaraan listrik dapat dengan mudah menemukan keberadaan charging station dan mendapatkan berbagai insentif maupun promo menarik.

"Karena sudah kita integrasikan satu pintu, begitu juga jika ingin melakukan permohonan pasang baru listrik untuk home charging sangat mudah dan cepat, bahkan ada insentif yang diberikan yaitu diskon pasang baru maupun diskon tarif,” ucap Edi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau