Jangan Sepelekan Mengemudi meski Cuma Putar-putar di Kompleks

Kompas.com - 18/06/2020, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudikan mobil memiliki titik buta (blind spot) yang cukup besar. Apalagi jika obyek tersebut lebih rendah dari kaca mobil, tentunya akan semakin sulit terlihat oleh pengemudi.

Apalagi jika mengemudi di lingkungan permukiman atau kompleks, tentunya perlu penyesuaian cara mengemudi. Area permukiman memiliki banyak risiko dari luar, seperti anak-anak yang main di jalan atau motor yang tiba-tiba keluar dari rumah atau gang.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa hal yang harus disesuaikan ketika menyetir di area permukiman, salah satunya yaitu kecepatan.

Baca juga: Nissan Luncurkan X-Trail Terbaru, Lebih Besar dan Lebih Bertenaga

Ilustrasi menyetir mobil.Foto: mystratfordnow.com Ilustrasi menyetir mobil.

“Mengemudilah dengan pelan agar kita dapat bereaksi tepat waktu bila tiba-tiba ada masalah di depan,” kata Marcell kepada Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

Marcell juga menambahkan, pengemudi harus memiliki pemikiran “bagaimana jika”, jadi pengemudi selalu siap apabila hal yang diwaspadai benar-benar terjadi. Menekan klakson juga bisa dilakukan ketika mengemudi di permukiman.

Baca juga: Kasus Ambulans Terjadi Lagi, Ingat Kendaraan dengan Hak Utama di Jalan

“Menekan klakson bisa dilakukan untuk memastikan mereka waspada dengan keberadaan kita di mobil,” ucap Marcell.

Kemudian, jika baru akan mengemudi, bisa dengan mengelilingi mobil untuk mengecek kondisi sekitar. Jangan sampai sembarang jalan dan bisa menabrak hal-hal yang tidak terlihat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.