Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Luncurkan X-Trail Terbaru, Lebih Besar dan Lebih Bertenaga

Kompas.com - 17/06/2020, 07:15 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comNissan akhirnya resmi mengenalkan generasi baru dari X-Trail, atau SUV yang diberi nama Rogue untuk pasar Amerika Serikat. Model ini mendapat desain baru di sekujur eksterior dan interior, serta fitur canggih dan mesin baru yang lebih bertenaga.

Dilansir dari Motor1, pembaruan yang dilakukan terhadap X-Trail jadi salah satu cara untuk bersaing di segmen paling populer di Amerika. Apalagi SUV ini meraih hampir 30 persen dari penjualan Nissan di Negeri Paman Sam pada 2019.

Secara desain, tampang X-Trail terinspirasi dari mobil konsep X-Motion yang ditampilkan lewat ajang Detroit Motor Show 2018. Mobil ini terlihat lebih sporty berkat gril V-Motion, dan lampu utama yang bertumpuk dengan DRL.

Baca juga: Punya Uang Rp 70 Jutaan, Ini Pilihan Mobil Bekas di Masa Pandemi

Nissan X-Trail 2021Motor1 Nissan X-Trail 2021

Dari sisi samping serta belakang, SUV terbaru Nissan makin terlihat berotot berkat side skirt dan under guard baru.

Dari data spek yang dirilis Nissan, secara dimensi X-Trail terbaru makin besar dari pendahulunya, meskipun jarak sumbu rodanya sama.

Nissan menyebutkan bahwa X-Trail 2021 menggunakan platform baru dengan ukuran yang lebih panjang dan lebih tinggi.

Baca juga: Menu Mobil Bekas Rp 100 Jutaan, Bisa Dapat Toyota Camry

Nissan X-Trail 2021Motor1 Nissan X-Trail 2021

Pabrikan asal Jepang juga mengklaim jika SUV ini semakin aerodinamis saat dipacu dalam kecepatan tinggi.

Beranjak ke interior, perbedaan tentu saja terasa dari paduan warna cokelat dan hitam yang menguatkan kesan sporty serta elegan.

Namun yang paling mencolok dari pendahulunya, yakni absennya bangku baris ketiga. Sehingga X-Trail 2021 hanya sanggup membawa lima penumpang saja.

Sisanya X-Trail menawarkan banyak kecanggihan, mulai dari layar infotainment berukuran 8 inci di bagian tengah yang dapat memanjakan Anda lewat fitur smartphone mirroring hingga layanan Apple CarPlay.

Baca juga: Nmax Adu Kambing dengan Scoopy Gara-gara Cornering di Jalan Raya

Nissan X-Trail 2021Motor1 Nissan X-Trail 2021

X-Trail terbaru juga mendapatkan fitur drive assist sebagai perlengkapan standar. Sementara sistem semi-otonom ProPilot Assist Nissan tersedia dalam varian SL dan Platinum.

Bicara soal mesin, X-Trail 2021 mengusung mesin PR25DD berkapasitas 2.500 cc 4-silinder bertenaga sekitar 181 dk dan torsi 245 Nm.

Angka ini lebih besar ketimbang mesin QR25DE 2.500 cc 4-silinder bertenaga 171 dk dan torsi 233 Nm yang digunakan sebelumnya.

Baca juga: Usai Thailand, Begini Kabar Kehadiran Fortuner 2020 di Indonesia

Nissan X-Trail 2021Motor1 Nissan X-Trail 2021

Mesin X-Trail terbaru dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT dengan pilihan penggerak FWD dan AWD. Tak ketinggalan pilihan mode berkendara standar, eco, sport, salju, dan off-road.

Di Amerika Serikat, Nissan Rogue diperkirakan akan mulai dijual sekitar musim gugur 2020, dengan perkiraan harga mulai 26.000 dolar AS atau sekitar Rp 366 jutaan hingga 40.000 dolar AS atau sekitar 564 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com