Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Jazz Terbaru di China, Lebih Cocok Masuk Indonesia

Kompas.com - 18/06/2020, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHonda resmi memperkenalkan Honda Jazz generasi keempat lewat ajang Tokyo Motor Show pada Oktober 2019. Mobil ini mulai dipasarkan di Jepang sekitar Februari 2020.

Kini pada Juni 2020, Jazz terbaru memulai debutnya untuk pasar yang lebih luas. Seperti diketahui, sebelumnya Jazz generasi keempat sebelumnya baru dipasarkan di Jepang dan Eropa saja.

Pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) juga sudah memastikan Fit atau Jazz di Jepang itu tidak bakal masuk Indonesia. Tapi, sepertinya generasi baru Jazz di China ini lebih cocok untuk pasar Indonesia, terlihat dari spesifikasinya.

Dilansir dari Paultan, mobil ini ternyata juga dijual untuk konsumen China. Jazz diperkirakan akan mulai dikirim ke rumah konsumen pada Agustus 2020.

Baca juga: Daftar 10 Sedan Bekas yang Dibanderol Rp 50 Jutaan

Honda Jazz varian Crosstarpaultan.org Honda Jazz varian Crosstar

Jazz di Negeri Tirai Bambu ditawarkan dalam dua varian, Sport dan Crosstar. Kedua varian ini sama-sama dibekali mesin 1.500 cc bertenaga 129 dk yang disalurkan ke dua roda depan, dan dikombinasikan dengan transmisi CVT.

Hal ini jelas berbeda dengan model yang dijual di Jepang. Jazz di negara asalnya punya versi e-HEV yang dilengkapi dengan dua motor listrik bertenaga 96 kW.

Secara desain, Jazz versi China sangat identik dengan model yang dipasarkan di Jepang maupun Eropa. Untuk varian Sport memiliki gril dengan motif sarang lebah yang membuatnya terkesan lebih agresif.

Baca juga: Nissan Luncurkan X-Trail Terbaru, Lebih Besar dan Lebih Bertenaga

Interior Honda Jazz generasi keempat untuk pasar Cinapaultan.org Interior Honda Jazz generasi keempat untuk pasar Cina

Sementara varian Crosstar memiliki wajah yang lebih dinamis dengan gril berbentuk horizontal, serta roof rail terintegrasi di atap.

Beranjak ke interior, desain Jazz untuk pasar China masih sama dengan Jazz reguler. Termasuk tata letak dasbor yang menganut setir kiri seperti versi Eropa, meskipun hanya tersedia rem tangan biasa, bukan elektronik.

Di bagian tengah terdapat sistem infotainment dengan layar sentuh, tak ketinggalan beberapa pengaturan dengan instrumen digital, dan fitur Honda Sensing.

Baca juga: Kasus Ambulans Terjadi Lagi, Ingat Kendaraan dengan Hak Utama di Jalan

All New Honda Jazz atau di sejumlah negara disebut dengan Honda Fit, meluncur di Tokyo Motor Show 2019KOMPAS.com / Azwar Ferdian All New Honda Jazz atau di sejumlah negara disebut dengan Honda Fit, meluncur di Tokyo Motor Show 2019

Selebihnya, Jazz untuk pasar China sudah membawa aura pembaruan seperti halnya Jazz JDM (Japan Domestic Product).

Namun, menariknya desain serba membulat dan imut pada Jazz JDM tidak begitu tampak, yang ada malah aura lebih sporty berkat ubahan pada gril serta pelek baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com