Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Oli Mesin Sepeda Motor Bisa Berkurang?

Kompas.com - 18/06/2020, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelumas atau oli merupakan komponen yang penting bagi kendaraan, baik mobil ataupun motor. Bahkan jika oli motor berkurang, bisa berakibat mesin mengalami overheat.

Lantas, apa yang menjadi penyebab oli motor bisa berkurang?

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, mengatakan, adanya kebocoran pada seal oli bisa menjadi penyebab oli mesin motor berkurang.

Baca juga: Beli Ban Mobil Secara Eceran, Perhatikan Ini

“Kebocoran tersebut bisa disebabkan oleh pengisian oli yang melebih kapasitas dan umur dari seal oli itu sendiri. Hal tersebut menyebabkan oli up, yang mana meluber melalui lubang pernafasan ke filter udara dan ruang karburator,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

Ganti Oli MotorFoto: Shutterstock.com Ganti Oli Motor

Penyebab lainnya bisa karena piston dan ring piston aus. Komponen ini terletak di dalam mesin dan bisa mengalami kerusakan seperti tergores, aus dan kotor.

Baca juga: Teknik yang Benar Hindari Objek di Tengah Jalan saat Menikung

Kerapatan ring piston berfungsi untuk mencegah terlalu banyak campuran bahan bakar udara yang masuk ke ruang oli. Jika ring piston aus, maka akan mengendur dan udara yang masuk oli bisa menurunkan tekanan kompresi mesin.

“Sehingga bisa menyebabkan motor mengeluarkan asap yang cukup banyak. Jika rusak, maka solusi yang dapat dilakukan adalah overhaul,” kata Ribut.

Oleh sebab itu, Ribut menyarankan pemilik motor untuk rutin mengecek volume oli mesin setiap pemakaian 2000 kilometer, apalagi jika kendaraan sering melewati kondisi perkotaan yang macet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com