Banyak Tombol di Setang Motor Balap MotoGP, Apa Saja Fungsinya?

Kompas.com - 17/06/2020, 11:02 WIB
Tombol-tombol pada motor balap MotoGP Boxrepsol.comTombol-tombol pada motor balap MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor balap yang digunakan pada ajang balap MotoGP merupakan motor purwarupa, tidak dijual secara umum. Maka itu, teknologi yang digunakan juga berbeda.

Termasuk juga panel instrumen yang ada di bagian setang. Jika pada motor biasa umumnya menggunakan saklar, di motor balap MotoGP menggunakan tombol. Tombol-tombol tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Baca juga: Larangan Bepergian Jadi Ganjalan Baru MotoGP 2020, Terancam Batal?

Para pebalap diharapkan dapat menggunakan tombol-tombol tersebut sesuai dengan fungsinya di tengah balapan, saat motor sedang melaju ratusan kilometer per jam, dan tetap bisa fokus.

Di setiap lap, pebalap harus melakukan lebih dari sekadar akselerasi, rem, menikung, dan ganti gigi.

Tombol-tombol pada motor balap MotoGPAutoevolution.com Tombol-tombol pada motor balap MotoGP

Motor, dan seringkali kondisi trek, mengalami banyak perubahan saat balapan. Rem dan roda mengalami keausan, membuat kontrol traksi yang lebih besar diperlukan. Bahan bakar yang dikonsumsi juga membuat motor menjadi lebih ringan.

Dalam keadaan ini, setting yang dilakukan pada motor di awal balapan tidak lagi berlaku, dan pebalap harus membuat penyesuaian sendiri.

Sebelum balapan dimulai, motor dikonfigurasi menggunakan data yang dikumpulkan selama sesi pelatihan. Setelah balapan dimulai, terserah kepada pebalap untuk mengendalikan beberapa penyesuaian ini, dan dia harus melakukannya saat mengendarai motor dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: 7 Fitur Keamanan Wajib di MotoGP, Salah Satunya Batu Kerikil

ECU Adjustment
ECU memungkinkan pebalap untuk melakukan konfigurasi kontrol traksi, anti-wheelie, tenaga mesin, dan sistem pengereman. Ada juga pengaturan lain untuk pembatas kecepatan pitlane.

Penyesuaian ini dapat berubah tergantung di mana pebalap berada di sirkuit, yang berarti bahwa pebalap memiliki puluhan skenario untuk dipilih selama satu lap.

Pebalap memiliki serangkaian tombol pada setang yang memungkinkan mereka untuk memilih penyesuaian dan sistem yang ingin mereka ubah.

Halaman:
Baca tentang


Sumber Box Repsol
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X